Pemkab Lambar – USAID Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat

×

Pemkab Lambar – USAID Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Lampung Barat, faktapers.id – Rapat dengan United States Agency for International Development (USAID) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat dipimpin oleh Assisten Bidang Pembangunan dan perekonomian Ir. Sudarto,MM di Ruang rapat Sekincau, Rabu (21/08/19).

Peserta rapat terdiri dari Tim dr USAID MadaniMuntajid Billah dan Lisna, Biro Otda provinsi Saifullah dan A Setiawan dan Pemda Lambar Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadis PMP, Sekretaris bappeda, Sekretaris Bagian keuangan, Kakan Kesbangpol, Kabag Hukum, Bagian pemerintahan, Dinas KB PP, Dinas Kesehatan, Diinas Pendidikan dan Badan Litbang.

Ada 8 Provinsi yang menjadi daerah penelitian kerjasama antara lain Gorontalo, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tumur, NTB, Sulawesi Selatan dan Kalimatan Tengah. Nantinya disetiap Provinsi di ambil 4 Kabupaten, menjadi total 32 Kabupaten Kota dan untuk Provinsi Lampung yang akan bekerjasama adalah meliputi Lampung Tengah, Lampung Barat, Pesawaran, Pringsewu

“Dengan bersedianya Pemprov Lampung untuk bekerja sama dalam Proyek MADANI, nantinya akan dipilih empat kabupaten kota yang akan menjadi lokasi kerja sama. Setiap kabupaten kota akan dipilih satu OMS lokal yang akan menjadi mitra utama dan Lampung Barat salah satunya, Proyek MADANI sendiri direncanakan akan berlangsung selama lima tahun, dengan melibatkan 32 kabupaten kota di delapan provinsi,” jelas Sudarto.

Kemudian, diharapkan nantinya, OMS lokal dapat meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan, serta dapat memperkuat akuntabilitas pemerintah dan meningkatkan keberagaman sosial. OMS lokal nantinya diarahkan untuk mendukung keberhasilan pembangunan di daerah, termasuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selanjutny, USAID meruapakan badan yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi,pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

USAID ada di Indonesia dengan tujuan untuk membantu dalam mempercepat transisi demokrasi Indonesia melalui Masyarakat sipil dan perkembangan media, Penguatan institusi demokratis dan pencegahan dan minimalisasikan kemungkinan konflik, USAID juga membantu kebijakan dan penyediaan konsultasi bagi institusi insititusi ekonomi dan bantuan ekonomi lainnya yang mendukung pemulihan, pertumbuhan ekonomi, dan menguatkan kemampuan ekonomi suatu daerah (desentralisasi) di Indonesia.

Terakhir, USAID Untuk mengurangi ancaman konflik dan krisis di Indonesia yang terkait dengan kekerasan etnis dan agama, USAID menyediakan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi dan korban bencana alam. Aktivitas USAID juga memprioritaskan sektor kesehatan seperti ketahanan hidup anak, keluarga berencana dan HIV/AIDS. Dalam mengimplemetasikan hal ini USAID bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, Badan Badan Donor lainnya, dan Organisasi Indonesia dan Organisasi Internasional lainnya. Edi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *