Pendaratan Mewarnai GLAGASPUR Tingkat II (L-2) KRI Teluk Manado-537

×

Pendaratan Mewarnai GLAGASPUR Tingkat II (L-2) KRI Teluk Manado-537

Sebarkan artikel ini

Jakarta, fakrtapers.id – Salah satu kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Manado 537 melaksanakan Uji terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat II (L2) yang berlangsung di Teluk Jakarta, Rabu (7/8/19). Latihan yang disaksikan langsung Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno merupakan kapal perang yang berada dibawah kendali Satlinlamil Jakarta.

Latihan yang mengambil lokasi mulai dari Perairan Teluk Jakarta hingga Kepulauan Seribu ini, mendatangkan Tim Penguji dari Komando Latihan (Kolat) Armada I Jakarta. Materi latihan yang diujikan antara lain peran tempur bahaya udara, peran tempur bahaya permukaan, peran kebakaran, peran orang jatuh dilaut.
Selain itu uji material dan kesiapan perangkat lunak juga menjadi bagian dari pengujian untuk mengetahui sejauh mana para prajurit mengawaki dihadapkan pada tugas-tugas operasi sesuai fungsi asasi.

Memantai (beaching) dan pendaratan ke pantai merupakan kemampuan dasar bagi para Komandan, Perwira dan prajurit unsur -unsur Kolinlamil yang mutlak harus dikuasai. Hal tersebut sesuai fungsi asasi bahwa KRI di Kolinlamil beserta jajarannya sebagai unsur Kogasgabratmin yang memiliki kemampuan pendaratan.

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. mengarahkan Komandan KRI Teluk Manado 537 untuk melaksanakan uji trampil ini dengan semangat.

“Tunjukkan pada uji glagaspur, kemampuan dan ketrampilan hasil pembinaan selama ini. Bangkitkan semangat prajurit sehingga seluruh serial atau materi yang akan diuji dapat dikerjakan dengan baik. Dan yang paling utama adalah tingkatkan selalu kewaspadaan sehingga keselamatan is paramount,” tegas sang Panglima mengingatkan.

Senada dengan perintah Pangkolinlamil, Komandan KRI Teluk Manado-537 Mayor Laut (P) Andrik Irwanto, mengatakan, kapalnya sudah dinyatakan lulus Glagaspur tingkat-1 yang meliputi teori, dril-dril pos tempur secara parsial maupun gabungan, dan latihan peran-peran secara menyeluruh termasuk uji tulis dan uji terampil peran-peran di Pangkalan, disamping ada sertifikat kelaikan kapal dari Dinas Material Angkatan Laut (Dismatal).

“KRI Teluk Manado-537 siap melaksanakan Glagaspur Tingkat II di laut,” ujar Komandan saat lepas dari dermaga.

Usai pengujian KRI Teluk Manado-537 kembali ke Pangkalan Utama, dan Tim uji Kolat Armada I menyampaikan bahwa latihan berjalan lancar, semangat prajurit sangat tinggi, bidang material sudah sesuai kriteria dari Dismatal, sehingga disimpulkan KRI lulus uji dan siap operasi. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *