oleh

Penuh Haru, Jenazah IYL Dilepas Keluarga

Gowa, faktapers.id – Jenazah Bupati Gowa periode 2005-2010, Ichsan Yasin Limpo (IYL) diserahkan pihak keluarga kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk disalatkan di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa, yang selanjutnya dimakamkan di Pekuburan Islam Panaikang Makassar, Kamis (1/8/19).

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, dan komandan upacara Kepala Satpol PP Gowa Alimuddin.

Upacara pelepasan jenazah dilakukan di Kediaman keluarga besar IYL, di Jalan Haji Bau, Makassar. Jenazah diserahkan dari pihak keluarga oleh Syahrul Yasin Limpo, yang tidak lain adalah kakak kandung dari IYL sebagai perwakilan pihak keluarga.

Syahrul YL mengatakan, atas nama keluarga besar menyerahkan jenazah Punggawa, sapaan akrab IYL kepada pemerintah untuk disemayamkan.

“Kami keluarga besar Ichsan Yasin Limpo dengan segala ketulusan dan keikhlasan menyerahkan adik kami. Beliau sosok politisi, salah satu tokoh kebanggaan anak Bugis Makassar. Kami berangkatkan dan serahkan kepada pemerintah untuk disemayamkan sesuai dengan prosedur,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menceritakan pesan Almarhum saat menjalani proses pengobatan di Singapura. “Ichsan berpesan ke saya, jangan pernah memperlihatkan saya air mata, simpan kesedihan ta dalam hati. Saya perlu energi dan semangat  ta. Saya tidak akan kalah dengan kanker, yang akan kalahkan saya adalah ajal yang tak tahu kapan datangnya,” tiru SYL.

Perasaan haru menyelimuti prosesi penyerahan, bahkan Syahrul yang dulunya pernah menjabat sebagai Gubernur Sulsel mengungkapkan rasa bangganya terhadap adiknya itu.

“Hari ini kami harus menangis, kau orang baik, kau telah mencerminkan kebesaran keluarga, kebesaran orang Bugis Makassar. Kau telah membuktikan kata-katamu ‘singkammai tingkokonu, kanannu na tingkokonu’, kau telah membuktikan keberanian tentang kebenaranmu, dan itu kau lakukan secara konsisten dan kau adalah sosok yang tegar yang telah berjasa di Kabupaten Gowa,” ungkapnya penuh haru.

Sementara, Abd Rauf dalam sambutannya menyampaikan turut berduka cita atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa turut berduka cita atas meninggalnya IYL di Juntendo University Hospital, Tokyo, Jepang, Selasa (30/7/19) lalu.

“Hari ini kita berkumpul untuk melepas kepergian orang yang kita cintai dan kita banggakan. Kita mencintai karena kita mengenal ketulusan dan keikhlasannya dalam berbuat untuk kebaikan orang banyak. Kita bangga padanya karena kita mengenal keberanian, ketegasannya, dan kecerdasannya dalam memimpin organisasi pemerintahan. Keberhasilan beliau dalam memimpin Kabupaten Gowa akan selalu terukir di hati rakyat Kabupaten Gowa,” kata Abd Rauf.

Setelah prosesi penyerah selesai, Jenazah diantar menuju ke Masjid Agung Syekh Yusuf untuk di sholatkan kemudian menuju Ke Taman Makam Pahlawan Panaikang. Kartia

Komentar

News Feed