oleh

Perantau dari Gunung Bayu Kompak Saat Sukacita Maupun Duka

Jakarta, Faktapers.id –  Gunung Bayu adalah sebuah desa yang sekaligus tempat berdirinya PT Perusahaan Nusantara IV milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tahun 1960 sampai 1990 perusahaan penghasil minyak nabati itu memiliki ribuan karyawan. Putra putri yang lahir di perkebunan sawit terbilang cukup berhasil di bidang pendidikan. Rata- rata bisa meraih pendidikan ke jenjang sarjana strata satu(S1) yang dijadikan bekal untuk melamar pekerjaan di kota -kota wilayah Indonesi, khususnya ke ibukota.

Putra putri Gunung Bayu saat arisan dirumah Tigor Gultom Kelapa Gading Jakarta

Disisi lain, dalam keluarga para orang tuanya masing- masing mengajarkan kepada anak anaknya santun berkomunikasi dan menghargai sesama satu kampung serta terhadap orang lain kelak nanti saat tinggal diperantauan.

Begitupun para orang tua dari suku Batak, selalu membekali anaknya dengan petuah-petuah menghormati ayah dan ibu, berharap agar anak- anaknya akan diberikan Tuhan Yang Maha Esa kesejahteraan yang cukup. Dan menanamkan kebaikan pada orang lain, serta menjalan amanah yang ada di struktur adat Batak, yaitu Dalihan Natolu, yang tetap harus dijalankan di manapun putra putri Gunung Bayu itu berada.

Hasil penelusuran Faktapers.id, putra- putri lahir di PT Perusahaan Nusantara IV Gunung Bayu Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara yang berdomisili Jakarta dan Jawa barat itu patut diacungkan jempol. Pasalnya dikarenakan selalu kompak dalam sukacita maupun saat duka untuk mencari solusi. Kevin Manurung

Komentar

News Feed