oleh

Perusahaan Broker Loker Diduga Peras Calon Tenaga Kerja 

Jakarta, faktapers.id – Warga Grogol Petamburan, Jakarta Barat mengeluhkan adanya perusahaan yang diduga menipu para calon tenaga kerja dengan modus membuka Lowongan Kerja (Loker) di Jalan Daan Mogot KM 10 Ruko Green Mansion Blok B No.3 Jakarta Barat.

Menurut keluhan salah satu calon tenaga kerja, bahwa setiap pelamar kerja yang datang mencari kerja ke perusahaan tersebut, terus-terusan dimintai uang dan dijanjikan bekerja. Alibi perusahaan, uang yang dipungut dari calon tenaga kerja akan digunakan untuk biaya administrasi dan training.

“Saat saya melamar pertama-tama saya dimintai uang untuk administrasi, alasannya. Dan keesokannya saya dimintai uang lagi dengan alasan untuk training. Jumlah uangnya sih tidak besar namun, kenapa setelah kita kasih uang saya tidak juga diterima kerja,” ucap Ynt selaku pelamar.

Calon tenaga kerja lainnya, Sobri (27) mengatakan, bahwa dirinya sudah menyelesaikan administrasi di perusahaan tersebut.

“Percaya gak percaya sih ya, soalnya ini kan masalah duit. Tadi saya nunggu sampai lama, untuk pembayaran administrasi itu di bawah 700 ribu dan di atas 300 ribu,” ujar Sobri kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, ketika dimintai keterangannya dilokasi perusahaan tersebut, Kamis (01/08/19).

Sobri juga menyebut, menurut keterangan pihak perusahaan tersebut bahwa dirinya telah dijanjikan bekerja di perusahaan lain sesuai arahannya.

“Setelah kita menyelesaikan administrasi dengan jumlah satu juta dan diberi surat tanda tangan di atas materai, kita di arahkan ke PT untuk melakukan training. Akan tetapi jika kita tidak di kabari oleh PT tersebut diharap untuk melapor kembali,” jelasnya.

Sobri menuturkan, bahwa dalam jangka 3 bulan dalam training tidak ada kejelasan untuk di pekerjakan diperusahaan yang ditunjukkan, maka pihak perusahaan tersebut menjanjikan akan mengembalikan biaya administrasinya yang sudah dikeluarkan oleh pelamar.

“Akan tetapi yang dikembalikan hanya 700 ribu, yang 300 ribu untuk biaya admin alasannya,” tuturnya. Ibeng/Fp02

Komentar

News Feed