Senin, April 12, 2021
BerandaPeserta Siap, Pelayanan Kesehatan dengan Program JKN-KIS Memuaskan
Array

Peserta Siap, Pelayanan Kesehatan dengan Program JKN-KIS Memuaskan

Jakarta, faktapers.id – Dahlia (53) dan keluarganya sudah sangat familiar dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), karena sejak dari tahun 2014 dirinya dan keluarganya sudah menjadi peserta dan aktif memanfaatkan programnya.

Warga Jakarta Barat ini berbagi cerita di kediamannya mengenai bagaimana dirinya dan keluarganya puas dengan pelayanan Kesehatan yang diterimanya saat menjalani operasi di kakinya.

“Bulan April lalu saya pergi ke Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk untuk mengobati kaki bengkak saya, saat itu dokter di puskesmas membersihkan luka di kaki tersebut, kemudian merujuk saya ke Rumah Sakit Bhakti Mulya. Belum saatnya saya pergi untuk rawat jalan, malamnya saya sudah sangat drop dan kehilangan daya bicara,” ucap Dahlia.

Dahlia kemudian dilarikan ke IGD Rumah Sakit Bhakti Mulya. Kemudian dengan cepat tenaga medis melakukan tindakan pertolongan pertama setelah mengetahui bahwa penyebab utamanya adalah gula darah Dahlia yang turun secara drastis.

“Pada tahap awal, kaki saya dibersihkan oleh dokter sehingga dapat menyingkirkan kotoran-kotoran yang dapat menjadi infkeksi. Kemudian, dokter melakukan operasi pemotongan jari kaki saya untuk menghindari penyebaran infeksi ke dalam bagian tubuh yang lain. Alhamdulillah saya dan keluarga puas atas pelayanan yang diberikan,” tambah Dahlia.

Dahlia menunjukkan jari kaki yang telah selesai dioperasi. Suami serta anaknya pun menceritakan proses ketika dokter dengan sabar membersihkan kaki Dahlia dan mengajarkan keluarga bagaimana membersihkan luka tersebut. Bahkan ketika selesai operasi, dokter tidak lupa memberikan edukasi kepada keluarga bagaimana merawat bekas luka operasi yang dilakukan.

“Waktu saya melakukan registrasi pendaftaran untuk ibu saya, saya tidak mengalami kesulitan dalam mengurus berkas-berkas yang diminta karena memang sebelumnya kami sudah menyiapkan berkasnya terlebih dahulu. Pada saat kami pertama kali ke rumah sakit, Ibu langsung mendapatkan perawatan dengan baik sehingga tidak harus menunggu lama. Pelayanannya cukup baik tidak serumit yang orang pikirkan yang penting kita harus menyiapkan berkasnya secara lengkap,” tegas Nur Fitriyah (31) anak Dahlia.

Nur Fitriyah dengan tegas mengungkapkan, selama mengurus berkas administrasi untuk ibunya, ia sama sekali tidak merasa kesulitan. Menurut Nur hal ini merupakan hal yang wajar dan juga demi kepentingan pasien sendiri. Sehingga, keluarga pasien seharusnya sudah menyiapkan berkas sebelum menjalani perawtan di rumah sakit agar memudahkan proses perawatan.

“Allhamdullilah saya dan keluarga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasi, rawat inap, kontrol, dan obat. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih atas pelayanan yang kami terima karena jika kami harus mengeluarkan biaya sendiri, mungkin kami tidak sanggup. Bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik dan lancar, akan lebih baik jika mengetahui prosedur yang berlaku dan berkas yang dibutuhkan. Semuanya akan lebih mudah dan psien akan lancar mendapatkan pelayanan,” tutupnya. Fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments