Rabu, April 14, 2021
BerandaPresiden Jokowi Akan Umumkan Daerah Pengganti Jakarta
Array

Presiden Jokowi Akan Umumkan Daerah Pengganti Jakarta

Jakarta, Faktapers.id ‐ Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan lokasi ibu kota negara yang baru pengganti DKI Jakarta rencananya dibangun di wilayah Pulau Kalimantan, pada hari ini, Senin (26/8).

Hal itu kata Staf Khusus Presiden Adita Irawati. “Ya betul (akan mengumumkan lokasi ibu kota baru),” ujarnya, (26/8). Akan tetapi Adita mengaku belum tahu tentang nama daerah ibu kota negara tersebut.

Sebelumnya, Jokowi sudah bahwa ibu kota akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan. Namun masih menunggu satu sampai dua kajian terkait pembangunan ibu kota baru.

“Akan kita umumkan pada waktunya, masih menunggu kajian, tinggal satu, dua kajian yang belum disampaikan kepada saya,” sebut Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8) waktu itu.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil sempat mengatakan lokasi ibu kota baru bakal berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun kemudian Sofyan meralat ucapannya tersebut.

Dalam hal ini Jokowi juga sudah meminta izin kepada wakil rakyat saat menyampaikan pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 RI dalam sidang bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (16/8), soal pemindahan ibu kota. “Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi.

Dalam Sidang Tahunan MPR itu juga, terselip doa tentang lokasi ibu kota yang baru. Anggota DPD RI Muhammad Idris dari Provinsi Kalimantan Timur menyelipkan rencana Jokowi itu pada akhir doa yang ia panjatkan.

Pemerintah juga sebelumnya mewacanakan pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke lokasi baru, dengan  berbagai alas an, mengapa ibu kota negara perlu dipindah dari Jakarta ke tempat lainnya. Salah satunya karena Jakarta yang dianggap sudah terlalu padat. Alasan lain adalah upaya memeratakan kesejahteraan agar tidak hanya terpusat di Jawa.

Wacana ini kembali mencuat pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pda 2015.  Dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyebutkan hasil kajian menunjukkan Pulau Kalimantan lebih potensial untuk dijadikan sebagai ibu kota daripada kota-kota di Jawa. Pada Kamis (22/8/2019).

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menyebutkan ibu kota baru akan berlokasi di Kalimantan Timur. Meski pernyataan Sofyan ini dibantah Presiden Jokowi, hingga akhirnya Sofyan memberikan klarifikasi. Uaa

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments