Headline

Selama 2 Hari, 500 Rider Berjuang dalam Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kubar

×

Selama 2 Hari, 500 Rider Berjuang dalam Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kubar

Sebarkan artikel ini

Kutai Barat, faktapers.id – Secara resmi Event Merah Putih Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, telah dimulai pada Sabtu (3/8/19) dan berakhir Minggu (4/8/19) di Sendawar.

Pembukaan diawali dengan ritual adat oleh Kepala Adat Besar Kubar, Manar Dimansyah Gamas. Selanjutnya pengibaran bendera start oleh Asisten I Sekkab Kubar, Misran Effendi mewakili Bupati Kubar FX Yapan, S. H, didampingi Komandan Kodim 0912 Kubar, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, Kajari Kubar Wahyu Triantono, Ketua Pengadilan Negeri Kubar, serta Ketua Panitia Pelaksana M Teddy, di Taman Budaya Sendawar (TBS).

Dandim 0912 Kubar, Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendi mengatakan, event tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-61 Kodam VI Mulawarman serta HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019.
“Diikuti sebanyak 500 rider dari seantero penjuru nusantara, menjelajah hutan rimba Kubar dengan panorama alam natural,” terangnya kepada wartawan.

Menurutnya, event tersebut dalam rangka menumbuhkan jiwa nasionalisme merah putih bagi generasi muda se-Indonesia. Disamping itu untuk mempromosikan destinasi wisata dan budaya Kubar keluar daerah.

“Selama dua hari rider atau pecinta motor trail dari wilayah se-Indonesia bertemu dan silaturahmi di Kubar. Guna membangkitkan jiwa nasionalisme merah putih menjaga keutuhan NKRI,” bebernya.

“Selain itu itu, ajang ini untuk bersama seluruh stakeholder se-Kubar, mempromosikan keindahan alam dan budaya Kubar, agar kedepan menjadi destinasi wisata di Indonesia bahkan ke mancanegara,” ucap Anang Sofyan Effendi.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan SH melalui Asisten I Sekkab Kubar, Misran Effendi mengucapkan selamat datang kepada rider se-Indonesia di Kubar. Menurutnya kegiatan itu akan semakin memperkuat persatuan dan kesatuan anak bangsa.

“Melalui kegiatan ini kiranya semakin mengenalkan alam dan budaya asli Kubar. Sehingga kedepan mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan dibidang pariwisata dan budaya Kubar,” ujarnya.

“Pemkab Kubar berterima kasih kepada Kodam VI/Mlw dan Kodim 0912 Kubar. Digelarnya event ini bukan saja untuk uji nyali medan berat bagi para rider. Tapi juga untuk memperkenalkan eksotika alam dan wisata di Kabupaten Kubar kepada masyarakat luas,” sambungnya.

Ketua Panitia Event Merah Putih Open Nasional Touring Adventure Trail Kodim 0912/KBR, M Teddy dalam laporannya mengatakan pihak panitia telah menyiapkan kebutuhan yabng diperlukan perider selama dua hari, yakni sejak 3-4 Agustus 2019.

“Inapan bagi rider yaitu di enam Lamin (Rumah Adat) di Taman Budaya Sendawar (TBS). Jalur lintasan rider selama dua hari sepanjang 150 KM. Untuk persiapan teknis, sangat matang. Panitia telah menyiapkan hadiah berupa 3 unit sepeda motor dan beragam doorprize,” katanya. Iyd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *