Kamis, April 15, 2021
BerandaTips dan TrikTaman Herbal Edukatif di Penjaringan Jadi Percontohan Penghijauan Warga

Taman Herbal Edukatif di Penjaringan Jadi Percontohan Penghijauan Warga

Jakarta, faktapers.id – Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara memiliki Taman Herbal Edukasi. Taman dibangun sebagai contoh penghijauan sekaligus media edukasi bagi masyarakat.

Lurah Penjaringan Depika Romadi mengatakan, taman dibangun pada lahan seluas 50 meter persegi di belakang kantor Kelurahan Penjaringan. Diisi sekitar 40 jenis tanaman herbal atau tanaman obat keluarga (toga) dengan salah satunya memanfaatkan media pot ban bekas.

“Taman ini mulai kita bangun sejak dua bulan lalu dengan memanfaatkan lahan kosong di belakang kantor kelurahan. Sehingga lahan kosong tersebut mampu berkontribusi untuk penghijauan kota. Bibit tanamannya ada dari warga dan Sudin KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian),” kata Depika, saat ditemui di Kantor Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (22/8).

Dijelaskannya, taman tersebut dapat menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar. Terbuka bagi siapapun yang datang asalkan tetap menjaga keasrian taman.

Bahkan, masyarakat dipersilahkan memanfaatkan hasil produksi tanaman herbal untuk kepentingan kesehatan bersama. Salah satunya dengan menciptakan produk dari hasil tanaman herban tersebut.

“Kalau ada inisiatif warga untuk memanfaatkan hasil tanaman silahkan saja. Taman ini juga kan dari warga untuk warga,” jelasnya.

Dengan adanya taman tersebut, dia berharap masyarakat ikut berperan dalam memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah. Sehingga turut berkontribusi dalam pengurangan dampak polusi udara serta bermanfaat bagi kesehatan.

“Kami berharap taman ini menjadi contoh masyarakat Penjaringan. Niat yang ada dilaksanakan dan tidak perlu biaya besar untuk penghijauan. Yang penting kita bisa menanam tanaman dan bermanfaat bagi kesehatan,” tutupnya. Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments