Kamis, April 15, 2021
BerandaUP PTSP Kecamatan Cilincing Launching Program BAYAN AJIB
Array

UP PTSP Kecamatan Cilincing Launching Program BAYAN AJIB

Jakarta, faktapers.id – Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kecamatan Cilincing melaunching program peningkatan mutu pelayanan dengan bantuan layanan (BAYAN) antar jemput izin bermotor (AJIB). Kemudahan dalam mengurus perizinan dan non perizinan akan semakin dirasakan masyarakat Kecamatan Cilincing.

Dengan menggunakan aplikasi whatsapp (WA) melalui nomor 0857-3556-7877, para pemohon yang ingin mengurus perizinan dan non perizinan tidak perlu datang ke loket pelayanan UP PTSP Kecamatan Cilincing.

Setelah menghubungi BAYAN terpadu via WA, petugas akan mendatangi pemohon untuk melakukan rangkaian proses perizinan yang dibutuhkan.

“BAYAN AJIB adalah inovasi kami untuk mempermudah layanan perizinan dan non perizinan/Ketetapan Rencana Kota (KRK) bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Cilincing. Kami ingin memangkas jalur pengurusan perizinan dari 14 hari menjadi 4 hari seperti penerbitan KRK. Kemudian mencegah pemohon untuk tidak lagi menggunakan jasa calo tapi bisa langsung diurus sendiri,” ungkap Budi Hartono, Kepala UP PTSP Kecamatan Cilincing bersama Camat Cilincing M Alwi saat melaunching BAYAN AJIB di Aula Kantor Kecamatan Cilincing, Kamis (1/8/19).

Ia berharap, inovasi yang digagas ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kecamatan Cilincing.

“Biaya yang murah menjadi mahal karena pemohon menggunakan pihak ketiga atau calo. Itu yang menjadi tantangan buat kami untuk mengatasinya. Layanan perizinan dan non perizinan akan terus dipermudah sehingga pemohon bisa mengurusnya sendiri tanpa minta bantuan ke pihak ketiga,” tegasnya.

Untuk mendukung program ini, UP PTSP Kecamatan Cilincing menjalin kerjasama dengan Bank DKI sehingga pemohon bisa langsung membayar biaya retribusi melalui mesin EDC yang disiapkan Bank DKI.

“Pemohon bisa langsung membayar biaya retribusi di lokasi. Sedangkan pelayanan BAYAN AJIB akan dilaksanakan selama hari kerja yaitu Senin sampai Jumat,” ujar Budi.

Program aplikasi BAYAN AJIB yang sudah berjalan di wilayah Kecamatan Cilincing memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

“Awalnya, saya berfikir mengurus perizinan itu pasti ribet dan lama tapi setelah mengetahui ada BAYAN langsung saya manfaatkan untuk mengurus perubahan sertifikat hak guna bangunan menjadi hak milik. Prosesnya cepat tinggal mengikuti panduan dari BAYAN terpadu via WA. Bayar biaya retribusi langsung ditempat dan petugas langsung melakukan pengukuran. Terima kasih kepada UP PTSP Kecamatan Cilincing yang sudah mempermudah dalam pengurusan perizinan,” tutur Lili, warga Cilincing. Tjl

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments