oleh

Yessi Melania, Putri Desa Melenggang ke Senayan

Melawi, faktapers.id – Kisahnya dimulai dari sebuah desa kecil di Kecamatan Nanga Pinoh, pada 16 Juni 1989 lahir bayi perempuan mungil dan diberi nama Yessi Melania, sebuah nama yang erat dengan tipikal orang berani, cerdas, dan pekerja keras.

Ia lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga bahagia. Seperti pada umumnya, Yessi Melania kecil memulai pendidikannya di kampung halaman sendiri, tepatnya tahun 1995 di salah satu SDN Upit dan berlanjut di SMP Panca Setia Sintang dan berlanjut di SMA Katholik Cor Jesu Malang, masing-masing selesai pada tahun 1998 dan 2001.

Berbeda dengan sekolah dasar dan menengah pertamanya, pada jenjang pendidikan berikutnya, ia merantau dan berpisah dengan keluarga tercinta untuk melanjutkan studi di Pulau Jawa, yakni di Universita Dharma Yogyakarta.

Tahun 2011 adalah tahun dimana ia memulai karier di salah satu Bank daerah di ibukota Kabupaten Melawi.

Perempuan berparas ayu serta hobi olahraga dan menari ini mengaku politik bukanlah sesuatu yang asing di dalam keluarganya. Orangtuanya adalah pelaku politik praktis. Pendidikan politik sudah dirasakannya sejak keci. Dan kerap turun ikut langsung guna memenangkan hati rakyat.

Menurutnya, keberadaan di bangku sekolah adalah bagian terkecil dalam proses pendewasaan diri dalam mengatur emosi, mengasah bakat dan minat menuju sebuah cita-cita agung yang dibanggakannya.

Ia berusaha menambah rasa bangga kedua orang tuanya dengan menunjukkan diri sebagai sosok yang mandiri dan berdikari dalam hal apapun. Kurang lebih atas dasar itu, ia memilih terjun ke dunia politik sebagai jenjang pendidikannya agar ia bisa mengasah skill lebih spesifik sebagai bekal mengarungi hidup lebih maju yang lebih baik.

Sosok yang dipersunting Agus Sabino ini tidak pernah mendefinisikan diri sebagai apa atau siapa, karena dirinya menghadapi sebuah kehidupan secara linear dan tidak neko-neko, tapi tetap yakin akan sebuah prinsip hidup bahwa “tanggung jawab adalah cara terbaik untuk meraih hak”.

Sosok yang mandiri dan berdikari setidaknya telah di tunjukkannya sebagai wanita yang giat dan pantang menyerah.

Yessi Meilani perempuan muda yang akrab di panggil Yessi ini, menjabat Wakil Ketua Garda Wanita (Garnita) NasDem Melawi. Masih terbilang muda, di usia 29 tahun ini memiliki tekad kuat untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas sumber daya manusia di Kalbar melalui jalur parlemen.

Tepatnya pada Pemilu serentak Tahun 2019 ia mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Nasdem, dan ia pun terpilih sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar II, yang menurutnya adalah sebuah panggilan untuk berkiprah di panggung politik nasional sebagai bentuk pengabdian diri kepada Bangsa dan Negara.

“Saya meyakini bahwa jalur parlementer ini merupakan salah satu media yang strategis untuk membawa semangat Restorasi kepada kaum perempuan. Karena Perempuan Adalah Pondasi Sebuah negara Yang Harus Cerdas Dan Berwawasan Luas,” jelasnya. abd

Komentar

News Feed