Headline

Indah Damainya Papua, Panglima TNI dan Tokoh Papua Berlayar Bersama

×

Indah Damainya Papua, Panglima TNI dan Tokoh Papua Berlayar Bersama

Sebarkan artikel ini

Papua, faktapers.id – Kehadiran Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., di bumi cendrawasih sepekan belakangan ini adalah sebuah bukti nyata bahwa TNI serius untuk menyelesaikan permasalahan dan berdialog langsung dengan para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Forkopimda Papua.

Setelah menggagas deklarasi damai di tanah Papua pasca aksi massa di wilayah Papua yang ditandatangani 34 komponen masyarakat di Papua, Siang ini, Jumat (06/09/2019) Panglima TNI didampingi Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian mengajak para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Forkopimda Papua untuk berlayar ( Joy Sailing) mengarungi laut Papua yang begitu indah dengan menggunakan KRI Oswald Siahaan 354.

Sedikit tentang KRI Oswald Siahaan – 354; merupakan kapal perang jenis Perusak Kawal Berpeluru Kendali Kelas Ahmad Yani milik TNI AL. Oswald Siahaan, adalah nama salah seorang anggota TNI AL yang gugur pada saat pertempuran Teluk Sibolga. KRI ini Bertugas sebagai armada patroli sekaligus armada pemukul dengan kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam dan anti pesawat udara.

Joy Sailing kali ini dimulai pada pukul 13.30 WIT yang diikuti lebih dari 40 Tokoh dari Papua. Termasuk diantaranya adalah Bupati Merauke, Bupati Paniai, Bupati Namtemo Tengah, Bupati Yahukino, Bupati Pegunungan Bintang, Ketua Presidium Masyarakat Papua, Ketum Adat Papua, Wakil Bupati Nduga beserta para Tokoh lainnya.

“Tujuan dari Joy Sailing kali ini adalah agar kita tetap selalu menjaga dan meningkatkan silaturrahmi, serta agar semua dapat memandang Indahnya Papua dari lautan,” terang Panglima TNI.

Tampak senyum dan komunikasi yang hangat dari tiap peserta yang mengikuti kegiatan ini tanpa memandang asal, latar belakang, Agama dan perbedaan yang ada. Ini adalah buah manis dari deklarasi atau kesepakatan damai bersama yang kemarin malam digagas oleh Panglima TNI bersama Kapolri dan di tandatangani bersama oleh segenap elemen yang ada di Tanah Papua.

Turut hadir mendampingi Panglima TNI dan Kapolri diantaranya Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M. M.Hum, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganif Warsito, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh S, Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriyadi, Pangarmada 3 Laksda TNI I.Nyoman Gusti, Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono, Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H., serta segenap Pejabat TNI dan Polri. Ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *