oleh

200 H Hutan di Kecamatan MMB Telah Terbakar, Api Masih Menyala Hingga Saat Ini

Kutai Barat, faktapers.id – Kebakaran hutan di kawasan Kecamatan Mook Manar Bulatn (MMB), Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, hingga saat ini masih terus terjadi. Api belum bisa dipadamkan, karena kondisi cuaca setiap hari panas alias belum ada turun hujan.

Sejak Senin (2/9/19) kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar telah berjibaku memadamkan api dilapangan di Kecamatan MMB.

Camat MMB, Rusmansyah dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, kebakaran hutan dikawasan itu berawal dari titik api kecil dari arah Kampung Karangan, hingga saat ini api masih terus menjalar menuju kearah Kampung Gunung Rampah, Ibukota Kecamatan MMB.

“Arah sebelah kanan naik dari arah pelabuhan Melak Seberang (Kampung Karangan). Tidak bisa diantisipasi oleh masyarakat, karena memang terbatas sarana prasana pemadam kebakaran,” ungkapnya, Senin (2/9/19).

“Memang di Kecamatan MMB tidak ada ditempatkan armada untuk pemadam kebakaran ini. Jadi kita tidak bisa berbuat banyak jika ada kebakaran seperti ini. Namun saya sudah lakukan koordinasi dengan sejumlah pihak di kabupaten,” tambahnya lagi.

Camat Rusmansyah berharap sejumlah pihak di Kubar, agar bisa membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan MMB. Dituturkannya, pemicu kebakaran lahan di kawasan itu semakin menjadi adalah kondisi cuaca saat ini setiap hari sangat panas.

“Kami sudah mengimbau melalui surat kepada petinggi (kepala desa) 16 kampung se-MMB, agar menyampaikan kepada masyarakat untuk mengantisipasi membakar ladang dan lahan agar tidak terjadi kebakaran hutan disekitarnya. Karena masuk musim kemarau saat ini memudahkan api menjalar ke hutan,” ungkapnya.

Menjawab tanya wartawan terkait asal api yang membuat terjadinya kebakaran hutan di MMB saat ini, Camat Rusmansyah menyebut belum diketahui jelas penyebabnya.

“Yang pasti bukan dari pembakaran lahan oleh masyarakat. Dari mana sumber api belum bisa diketahui. Hutan yang sudah terbakar saat ini di MMB mencapai kira-kira 200 hektare.

Sejumlah waraganett di akun facebook (FB) sejak Senin (2/9/19) memposting foto kebakaran lahan di Kecamatan MMB hingga malam tadi. Iyd

Komentar

News Feed