oleh

Awasi Angkutan BBM dan Sembako ke Mahulu, Polres Kubar Buka Posko di Long Iram

Kutai Barat, faktapers.id – Kemarau yang saat ini melanda Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, membuat distribusi orang (penumpang) dan barang dari Kubar ke Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) terhambat.

Dari Pelabuhan Tering, Kubar menuju Mahulu sejak hampir tiga pekan terakhir distribusi penumpang dan barang sembako serta Bahan Bakar Minyak (BBM) hanya bisa menggunakan speedboat, Longboat, perahu ces, serta kapal motor kelotok berbadan kecil.

Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK MH, melalui Kepala Bagian Operasional Polres Kubar Kompol Sarman SH mengungkapkan, sarana angkutan barang dan penumpang berupa kapal motor (KM) berbadan lebar dari Kota Samarinda, saat ini hanya bisa sampai di Kecamatan Long Iram, Kubar. Hal itu disebabkan karena surut dan dangkalnya Sungai Mahakam melebihi ambang batas.

“Untuk posko rute Kubar-Mahulu saat ini dipusatkan di Kecamatan Long Iram. Bapak Kapolres tadi sudah perintahkan ke Kapolsek Long Iram untuk pengawasan ketat,” ujar Kompol Sarman dalam keterangan pers, Senin (16/9/19), di Sendawar.

Sarman menuturkan, pengawasan ketat tersebut diperintahkan oleh Kapolres, agar Kapolsek Long Iram melakukan penjagaan ketat saat pemindahan BBM dan sembako dari kapal motor induk ke kapal kelotok tujuan Mahulu.

“Jangan sampai ada permainan, karena saat ini hanya kapal kelotok, perahu ces, dan longboat yang bisa mengangkut BBM dan kebutuhan pokok masyarakat secara estapet ke Mahulu,” urainya.

Disinggung sejauh mana kedaruratan distribusi BBM dan sembako dari Kubar ke Mahulu akibat kemarau saat ini?. Sarman menyebut memang belum begitu parah, tetapi Polres Kubar sejak dini mengantisipasi terhambatnya distribusi kebutuhan pokok masyarakat 5 kecamatan se-Mahulu.

“Sementara ini baru empat hari posko tersebut dipusatkan di Long Iram, Jadi belum begitu parah. Masyarakat tidak perlu kawatir, karena polres Kubar akan melakukan pengawasan melekat dalam pendistribusian BBM dan sembako ke Mahulu,” tandasnya. iyd

Komentar

News Feed