oleh

Bangunan Raksasa di Jelambar Jaya Lolos Rekomtek?

Jakarta, faktapers.id – Sebanyak 36 bangunan bermasalah di antaranya bangunan tidak sesuai peruntukan maupun tanpa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) telah dilakukan tindakan penertiban oleh petugas Satpol PP Jakarta Barat.

Dalam penertiban bangunan bermasalahan itu, sepertinya kebanyakan tanpa dihadiri oleh pemiliknya. Meski demikian, petugas tetap melakukan tindakan bongkar sesuai dengan rekomtek yang telah diberikan oleh Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat.

Kepala Satpol PP Pemko Administrasi Jakarta Barat, Tamo Sijabat, mengatakan, bangunan bermasalah sampai hari ini, Jumat 13 September 2019, sudah 36 bangunan yang dibongkar, baik tanpa IMB, maupun karena tidak sesuai IMB.

“Bangunan bermasalah itu paling banyak di Kecamatan Grogol Petamburan dan Kecamatan Cengkareng,” kata Kasat Pol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, Jumat (13/9/2019) kepada Harian Faktapers dan faktapers.id.

Tamo menuturkan, penertiban terhadap bangunan yang melanggar perijinan tersebut akan berlanjut terus sampai akhir Desember 2019.

“Kalau rekomtek yang kami terima dari Citata untuk sementara ini masih di cek lagi ke lapangan, dan kalau lokasinya saya nggak paham di mana saja. Itu ada di staf,” ucapnya.

Tamo Sijabat, Kasat Pol PP Jakbar
Tamo menjelaskan, ada 140 rekomtek dari pihak Citata dan banyak juga yang sudah dihuni. Diantaranya sekitar 50-an dan ada juga bangunan yang kesalahannya kecil karena luas lahannya tidak sampai 50 meter persegi.

“Kami usulkan untuk di Yustisi saja. Kasihan karena kebanyakan punya orang kecil juga,” jelasnya.

Di singgung masalah bangunan yang diduga peruntukannya bakal dijadikan kosan dan hanya memiliki IMB Rumah Tinggal di Jalan Jelambar Jaya 3 RT 03/03 Kelurahan Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Tamo mengatakan, persoalan bangunan tidak sesuai IMB tersebut sebaiknya ditanyakan kepada pihak Sudin Citata.

“Tanya ke Sudin Citata, apakah bangunan itu sudah direkomtek apa belum. Kalau soal penertibannya pasti yang rekomtek dari Citata. Kalau nggak rekomtek, kami nggak bisa bongkar. Itu aturannya,” ungkap Tamo. man/fp01

Komentar

News Feed