oleh

Bencana Kabut Asap, Umat Muslim Akan Salat Istisqa Berjamaah di Islamic Center Melak Pada Senin 23 September 2019

Kutai Barat, faktapers.id – Menyikapi kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sudah berlangsung hampir dua bulan hingga saat ini menyelimuti Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubar telah melakukan Rapat Bersama para tokoh agama dan Ormas Islam se-Kubar, Selasa (17/9/19).

Hasil rapat bersama itu, disepakati bahwa masyarakat muslim Kubar diajak untuk mengikuti Salat Istisqa (Salat Minta Hujan) secara berjamaah di Masjid Al Muttaqin, Islamic Center Kubar, Melak, Senin (23/9/19) , pukul 08.30 Wita pagi.

“Bencana kabut asap yang tengah menimpa saat ini sudah meresahkan. Akibatnya aktifitas masyarakat mulai terganggu hingga sangat berbahaya bagi kesehatan,” kata Kepala Kantor Kemenag Kubar, HM Isnaini yang memimpin rapat bersama itu.

Dia menuturkan, manusia hanya berusaha memohon kepada Allah SWT agar diberikan hujan atas kondisi ini. Menurutnya, berharap semoga doa masyarakat bersama se-Kubar dikabulkan dan bencana segera berakhir.

“Masyarakat muslim se-Kubar diajak untuk mengikuti Salat Istisqa berjamaah. Rencana dilaksanakan pada Senin (23/9/19) pagi. Untuk tingkat kabupaten dilaksanakan di Masjid Al Muttaqin, Islamic Center Kubar di Melak,” bebernya.

“Bagi umat muslim yang jauh dari pusat ibukota diharap melaksanakan diwilayah kecamatan dan kampung masing-masing,” pesannya lagi.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kubar, Ustadz H Ahmad Asrori mengungkapkan, rencana pelaksanaan Salat Istisqa berjamaah itu didukung penuh oleh seluruh ormas dan tokoh agama Islam yang hadir dalam rapat.

“Secara umum mendukung dan menyambut baik ajakan ini. Hal ini dapat menjadi pemersatu diantara warga muslim yang ada di Kubar,” ucapnya.

“Ditetapkannya halaman Masjid Al Muttaqin Islamic Center Kubar sebagai tempat pelaksanaannya. Tak jauh dari tempat ini juga banyak sekali lembaga pendidikan sehingga mempermuah memobilisasi siswa untuk diajak mengikui salat istisqa,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Pengurus Cabang Hidayatullah Kubar, Ustadz Irsyad Istoyo mengimbau agar masyarakat yang akan mengikuti salat istisqa agar tidak serta merta memakai pakaian, perhiasan serta solek wajah berlebihan.

“Waktu pelaksanaan dimulai pukul 08.30 Wita pagi. Untuk petugas pemimpin salat istisqa telah ditetapkan. Ketua MUI Kubar Ustadz H Ahmad Asrori sebagai khotib, imam sholat Ustadz Abdul Hamid dan bilal H Yusuf,” terangnya.

Sekadar diketahui, dalam rapat bersama itu hadir pula Ketua PC NU Chusaiful, pengurus Muhammadiyah Kubar Ali Sadikin, Ketua PHBI Kubar H Edy Ahmadi, serta Ketua BKMT Kubar Hj Norhayah. Hms36/Iyd

Komentar

News Feed