Buka Job Fair ke-3, Wawako Jakut Soroti Keterampilan Pelamar

×

Buka Job Fair ke-3, Wawako Jakut Soroti Keterampilan Pelamar

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Ribuan pelamar memadati Job Fair ke-3 yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara menggelar di Mall WTC Mangga Dua, Pademangan, Selasa (24/9).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, acara ini dapat memberikan kesempatan mempertemukan antara pelamar dan pengusaha. Diharapkannya banyak pengusaha yang turut menyerap pelamar dari Jakarta Utara.

“Job Fair memang selalu dipadati para pelamar yang tak hanya berasal dari Jakarta Utara. Namun saya berpesan agar para pengusaha memberikan kesempatan yang banyak untuk pelamar yang berasal dari Jakarta Utara,” kata Ali, saat ditemui di Mall WTC Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (24/9).

Disorotinya, pelamar harus memiliki keterampilan mumpuni untuk mampu bersaing dengan pelamar lainnya. Untuk itu, disarankannya para pelamar untuk turut mengikuti beragam pelatihan di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) atau Balai Latihan Kerja yang berada di setiap wilayah.

“Walaupun banyak lowongan pekerjaan, belum tentu cocok dengan kualitas mereka (pelamar). Untuk itu mereka seharusnya terus meningkatkan potensi diri salah satunya melalui PPKD atau Balai Latihan Kerja yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja. Mungkin saja dari hasil latihan itu mereka punya kesempatan untuk berwirausaha atau berwiraswasta,” jelasnya.

Senada dengannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Andriansyah menambahkan, PPKD atau Balai Latihan Kerja mampu menghasilkan calon tenaga kerja yang berkualitas yang dilengkapi sertifikasi lulus uji kompetensi.

Jenis pelatihannya pun beragam karena mengikuti perkembangan usaha yang ramai di masyarakat. Hal itu dianggapnya semakin memperbesar peluang pelamar meraih pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

“Pelatihan dan pemasaran produk keterampilan juga berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah DKI Jakarta. Sehingga jenis keterampilan yang dilatih di PPKD atau Balai Latihan Kerja itu betul betul ‘link and match’ sesuai kebutuhan pasar kerja,” tambahnya.

Seorang pelamar asal Kecamatan Pademangan, Rosalia Amel (25) mengungkapkan, Job Fair cukup efektif dalam proses pelamaran pekerjaan. Terbukti, dirinya sempat bekerja di salah satu perusahaan dari hasil Job Fair yang diikutinya tahun lalu.

“Tahun kemarin saya juga ikut Job Fair seperti ini, Alhamdulillah diterima bekerja di salah satu perusahaan. Sekarang sudah resign dan mau mencari pekerjaan lain,” tutupnya.

Diketahui, Job Fair ke-3 ini berlangsung selama dua hari, mulai hari ini Selasa (24/9) hingga Rabu (25/9) besok. Lebih dari 50 perusahan terlibat dalam acara ini dengan menargetkan hingga ratusan ribu pelamar. tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *