oleh

BUMDes Mayungan Siap Bangun Usaha Perekonomian Warga

Klaten, faktapers.id – Pihak Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah memastikan Pembanguanan Infrastruktur jalan lingkungan (Jaling) 100 persen di targetkan rampung dan menjamin jalan yang ada di desa tersebut semua mulus.

H. Ahmad Sukaemi selaku Kades Mayungan menjelaskan, selama ada bantuan baik dari APBN berbentuk dana desa, maupun Propinsi (Banprop) di tambah swadaya masyarakat sudah dikerjakan dengan baik untuk pembangunan Jaling.

“Pada tahun ini di pastikan sudah rampung 100 persen tinggal penyelasaian pelebaran jalan dan perawatanya saja,” ujar Sang Kades pada media, Senin (23/9/19)

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan khusus untuk Bantuan Desa Tahap Kedua di fokuskan untuk program ke kawasan pertanian dengan cara pengerjaan pembanguanan sarana talud dan akses jalan pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi petani.

“Infrastruktur pertanian perlu dibenahi supaya tidak ada lagi longsor di kala musim hujan dan memperlancar aliran air, sehingga sarana pertanian bisa terwujud dengan baik sehingga bisa mensejahtrakan petani desa,” tegas kades yang sudah menjabat tiga periode ini.

Selain itu program yang sudah dikerjakan selama menjabat kades pihaknya sudah membenahi sarana kantor Desa dan gedung serba guna yang dulu terlihat kumuh namun sekarang berubah menjadi bangunan yang megah dan rapih.

“Sarana kantor Desa dan gedung aula serba guna untuk pelatihan yang sekarang sudah terlihat rapi sebagai sarana tempat pelayanan bagi masyarakat yang sedang membuat berbagai kebutuhan supaya membuat nyaman,” terangnya.

Selain itu pihaknya sedang merencanakan program penyusunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan membangun sarana kios usaha, kuliner, wisata air dan pusat perekononian desa. Dengan pertimbangan letak geografis Desa Manjungan diprediksi akan mampu menyedot wisatawan masuk.

“Program kedepan kita sedang mewacanakan BUMDes membuka kios usaha perekonomian sepanjang 150 meter yang akan di dirikan berdekatan dengan lapangan, harapannya semoga ekonomi desa meningkat,” pungkasnya. madi

Komentar

News Feed