oleh

Buntut Demo Hari ini, Kerusuhan Mulai Slipi Hingga Tanah Abang

Jakarta, faktapers.id – Buntut demo hari menciptakan titik-titik kerusuhan, seperti di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bahkan, kendaraan roda empat menjadi korban amukan massa.

“Iya (mobil dibakar), di depan Polsek Tanah Abang,” kata petugas Damkar Jakarta Pusat, Hasanuddin saat dihubungi pukul 22.13 WIB, Senin (30/9/2019).

Menurut Hasanuddin, mobil itu dibakar massa sekitar pukul 21.14 WIB. Petugas Damkar pun belum bisa berhasil melakukan pemadaman karena massa belum kondusif.

“Belum, nggak bisa kerja, massa masih di situ di Jembatan Karet depan Kecamatan Tanah Abang,” ujarnya.

Belum diketahui jumlah mobil yang dibakar. Termasuk mobil itu milik warga atau polisi.

“Belum diketahui,” tuturnya.

Sebelumnya, bentrokan antara massa demonstran dan aparat kepolisian juga terjadi di flyover Slipi, Jakarta Barat, Senin (30/9/2019), pukul 16.40 WIB.

Rombongan demonstran yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa itu melempari aparat kepolisian dengan batu. Polisi langsung menembakkan gas air mata ke arah demonstran tersebut.

Dari pantauan, rombongan massa tersebut awalnya berusaha masuk ke area depan gedung DPR, Jalan Gatot Subroto dari arah Slipi.

Namun, aparat Kepolisian yang sudah memasang barikade tidak membiarkan mereka merangsek masuk.

Rombongan demonstran yang ada di flyover Slipi ini terdiri dari pelajar berseragam putih abu-abu dengan emblem berwarna coklat (pelajar SMA), pelajar berseragam putih biru tua dengan emblem kuning (pelajar SMP), dan mahasiswa yang mengenakan jaket almamater warna biru dari BSI, serta jaket almamater warna hijau dari salah satu Universitas.

Sedangkan area depan gedung DPR sudah steril sejak pagi tadi. Sementara barikade kawat berduri terpasang sejauh 1 kilometer dari arah gedung Parlemen tersebut

Karena tak bisa masuk ke area DPR, para demonstran itu pun mulai masuk ke area Tol Dalam Kota. Disitulah bentrokan mulai terjadi. Para demonstran mulai melempari aparat kepolisian dengan batu.

Aparat kepolisian pun langsung menembakkan gas air mata. Massa berhamburan ke Tol Dalam Kota. man/uaa/fp01

Komentar

News Feed