oleh

Diduga Terbanyak Kabut Asap Kiriman, Namun Kodim 0912/KBR Bersama Polres dan Pemkab Kubar Siaga Karhutla

Kutai Barat, faktapers.id – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, telah berlangsung hampir dua pekan, mengganggu aktivitas masyarakat diwilayah itu.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kubar telah bertemu untuk koordinasi menanggulangi asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang setiap hari semakin bertambah tebal.

Komandan Kodim 0912 Kubar, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi menegaskan, sesuai perintah atas, meski saat ini belum masuk tahapan tanggap darurat, namun Kodim 0912/Kbr dan jajarannya telah bersiaga.

“Memang ada sejumlah titik karhutla di sejumlah kecamatan di Kubar, namun lebih parah diduga terbanyak adalah asap kiriman Karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah, Kalbar, bahkan dari Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara,” jelas Letkol Inf Anang Sofyan Effendi yang juga Koordinator Wilayah Penanggulangan Karhutla Kabupaten Kubar dan Mahulu, dalam keterangan pers, Selasa (17/9/19) di Sendawar.

Dandim juga menyebut Kodim 0912/KBR telah berkoordinasi menyeluruh, terutama dengan Pemkab dan Polres Kubar. Bahkan menurutnya, 13 Koramil se-Kubar dan Mahulu termasuk Babinsa telah diinstruksikan agar bersiaga dilapangan bersama unsur Muspika dan pemerintah kampung.

“Yang utama adalah upaya menggandeng masyarakat melalui kelompok tani. Mengantisipasi karhutla dengan mengimbau agar masyarakat yang akan membakar lahan ladang dan kebun harus laporan dulu,” ucapnya.

“Kami imbau juga kepada perusahaan disekitar, jika ada karhutla agar bisa membantu sarana prasarana termasuk kendaraan menerobos memadamkan api,” tandasnya.

Ditambahkannya, Kodim 0912/KBR bersama Polres dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar segera mengeluarkan maklumat yang akan disebarkan se-Kubar dan Mahulu.

“Masih disusun, isi maklumat itu mengimbau masyarakat se-Kubar dan se-Mahulu agar bersama mengantisipasi karhutla,” tandasnya.

Pemkab Kubar mengakui mendukung kuat upaya yang dilakukan Kodim 0912/KBR bersama Polres Kubar. Bahkan Pemkab Kubar menurunkan bantuan dari instansi pemerintah diantaranya, BPBD dan Satpol PP.

“Juga dengan pihak perusahaan yang ada di Kubar sudah menyatakan bersedia membantu jika terjadi emergency (darurat) pemadaman karhutla. Karena mereka memiliki peralatan sarana prasarana untuk pemadaman karhutla,” ucap Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan kepada wartawan, di Makodim 0912/KBR, siang tadi.

Iyd

Komentar

News Feed