oleh

DLHK Kabupaten Tangerang Fokus Perang Pada Sampah TPA dan Sekitarnya

Tangerang, faktapers.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang. akan fokus melakukan pengolahan sampah pada tempat pembuangan akhir (TPA) Jatiwaringin, di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Saat faktapers.id. ingin berjumpa kepala Dinas DLHK Haji Taupik tidak ada di Ruangannya. Ketika mencoba menghubungi Via Wa ternyata kadis DLHK sedang Rapat di Ruang Bupati.

“Masalah sampah yang ada di kabupaten Tangerang akan kita Gempur habis hingga semua Tertata rapih meskipun masih ada masyarakat yang tidak perduli, ungkap nya via Wa.
Via Wa mengarahkan Faktapers.id. bertemu sekdis DLHK.

Rabu (4/9/2019) sekdis DLHK ketika di temui Faktapers.id. di ruangan kerjanya.

“Saat ini, kita akan fokus terlebih dahulu terhadap pengelolaan sampah agar tidak menumpuk,” kata Asep Jatmika.

Sementara program utama DLHK dalam hal ini yaitu sampah,
ini merupakan program kepala Dinas DLHK kabupaten Tangerang yang mana program Ini
” gempur habis Sampah hingga bersih dan berkurang ”

“Sekretaris DLHK Kabupaten Tangerang, kepada Faktapers.id. Selain sampah TPA DLHK pun mngawasi sampah sampah jalan yang mengganggu warga masyarakat. Bahkan mendatangi upt upt wilayah agar perang dengan sampah terpokos, bersih sekali tidak namun mengurangi sedikit,” ungkap asep.

Antisipasi dan fokus saat ini, lanjut Asep Jatmika, salah satunya, pada lokasi block cell sanitary landfill eksisting akan digunakan sebagai tempat pemrosesan sampah selama masa pelaksanaan revitalisasi hingga terbangunnya TPA sanitary landfill yang baru.

Disisi lain, Asep Jatmika menambahakan, Instalasi Pengolahan Lindi (IPL) TPA Jatiwaringin juga sudah tidak lagi memadai.karena penuh dan menumpuk.

“Karena beban limbah yang diolah melebihi kapasitas, dan bahkan Drainase area TPA juga sudah tidak dapat menampung limpasan air hujan yang mengandung air lindi sehingga dikhawatirkan mencemari sungai Cirarab,” ujarnya.

Kepala dinas DLHK kabupaten Tangerang juga akan meminta DBMSDA (Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air), untuk membangun Tembok Penahan Tanah agar limbahnya tidak masuk kedalam sungai Cirarab. Meskipun sungai cirarab itu adalah kewenangan Pemprov Banten.

DLHK pada saat sekarang sedang fokus berperang dengan sampah karena pada umumnya masyarakat belum sadar akan kebersihan dan belum sadar arti bersih dalam lingkungan.
Bahkan sampah sungai, sampah jalan, sampah TPA.itupun akan di perangi oleh DLHK kabupaten Tangerang.
Menjadikan kabupaten Tangerang bebas sampah. Linda

Komentar

News Feed