oleh

Hamparan Busa Penuhi Kali Bendungan Polor

Jakarta, faktapers.id – Kali Bendungan Polor di Kelurahan Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, dipenuhi hamparan busa.

Pantauan dilolasi, hari ini Pukul 14.30 WIB, hamparan busa seperti salju itu cukup banyak hingga menutupi sebagian permukaan kali.

Beberapa buihan busa terlihat beterbangan lantaran tertiup angin.

Busa-busa itu terlihat di beberapa titik di kali yang merupakan pertemuan arus dengan sebuah kali kecil di sebelah kirinya.

Adapun busa itu muncul dari kucuran air yang menurun layaknya air terjun di salah satu sisi kali kecil yang dibendung warga.

Kali kecil selebar dua meter di sisi selatan Bendungan Polor ini memang dibendung warga.

Kondisi air di kali kecil ini terlihat keruh dan bau.

Petugas UPK Badan Air Kecamatan Kembangan, Deni, mengatakan, warga sengaja membendung kali kecil tersebut untuk digunakan sebagai cadangan air guna menyirami persawahan yang ada di sisi kali.

Karenanya, ia menyebut hamparan busa di Bendungan Polor kerap terjadi di saat musim kemarau.

“Kalau musim kemarau kayak gini kondisinya memang banyak busa kayak gini karena di ujung sana di bendung warga buat siramin sawah,” ujar Deni yang bertugas di Kali Bendungan Polor, Jumat (27/9/2019).

Deni mengatakan, hamparan busa ini bukan berasal dari limbah industri yang ada di sekitar kali.

“Kalau disini enggak ada home industri atau pabrik, paling hanya limbah rumah tangga aja karena kalau kita lihat di aliran kali yang dibendung itu kondisinya hitam dan bau. Dan saat dia lewatin bendungan langsung muncul busa putih ini,” ujarnya.

Capfion : Hamparan busa seperti salju penuhi permukaan Kali Bendungan Polor, Kembangan, Jakarta Barat. Man

Komentar

News Feed