oleh

HUT TNI ke- 74, Kodam IX/Udayana Bersihkan Pantai

Bali, faktapers.id – Kodam IX/Udayana menggelar Karya Bakti pembersihan pantai dengan melibatkan 1500-an partisipan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Bali. Kegiatan bakti sosial membersihkan pantai ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-74. Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan “Gerakan Suksma Bali” ini dipusatkan di Pantai Mertasari Sanur, Sabtu (21/9).

Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto S.I.P dalam sambutanya yang disampaikan oleh Komandan Komando Militer (Danrem) 163/Wirasatya, Kol. Arh. AM. Suharyadi, menjelaskan kegiatan Karya Bakti pembersihan pantai ini merupakan satu wujud usaha untuk membantu upaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar pantai.

“Pemerintah Kota Denpasar bersama masyarakat Denpasar selama ini telah maksimal membersihkan maupun mengatasi sampah, namun sebagai masyarakat Bali yang sadar, cinta dan peduli terhadap kebersihan tentunya kita akan terus berupaya membantu agar tetap bersih dan lestari, sehingga tetap menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali,” paparnya.

Selain itu, lanjut Pangdam, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka turut serta mewujudkan lingkungan yang bersih sehat dan nyaman dalam rangka mendukung World Cleanup Day 2019(WCD).

Sementara itu, Ketua Suksma Bali, Dharma Suyasa, yang tentunya juga turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, gerakan Suksma Bali dilaksanakan di 73 titik di Bali. Jumlah partisipan yang terlibat diperkirakan sebanyak 40 sampai 50 ribu orang.

“Sukseme Bali adalah sebuah gerakan kita bersama untuk Ibu Pertiwi, yang kita lakukan di seluruh Bali sebanyak 73 titik, dan diharapkan dapat menembus 40 sampai 50 ribu peserta, Gerakan ini merupakan inisiasi dari Paiketan Krama Bali,” terangnya.

“Dan kali ini saya bersyukur dan berterimakasih dapat bersinergi dengan Kodam IX/Udayana, yang sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT TNI ke-74,” imbuhnya.

Selain kegiatan membersihakan pantai bersama-sama, Karya Bakti ini juga diisi dengan kegiatan pelepasan bibit Ikan Kerapu ke laut. Setelah kegiatan besih-beraih pantai, selanjutnya, dipimpin oleh Danrem 163/Wirasatya bersama Ketua Sukseme Bali, serta tamu undangan, ribuan bibit Ikan Kerapu tersebut kemudian dilepaskan liarkan.

Adapun berbagai elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yakni: Arema Dewata, STPBI, SMKN 3 Dps, Poltekkes Dps, HIPAKAD, Brimob Polda Bali, Polresta Denpasar, FKPPI, Elizabeth International, Akper Kespam, SMPN 1 Sanur, Suksma Bali. Nampak turut hadir juga Konjen Australia, Asisten III Gubernur Bali, Wakil Wali Kota Denpasar, Bendesa Agung Majelis Desa Adat Bali, Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, Masyarakat lingkungan sekitar dan tentunya prajurit TNI Kodam IX/Udayana. ans

Komentar

News Feed