oleh

Ratusan Pencari Suaka Masih Diberikan Waktu untuk Bertahan di Penampungan

Jakarta, faktapers.id – Ratusan pencari suaka masih diberikan waktu untuk bertahan di penampungan Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat hingga tiga hari mendatang.
Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri, Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Chairul Anwar usai menggelar rapat dengan UNHCR di penampungan.

“Sementara untuk tiga hari ke depan, mereka masih dipersilahkan untuk menempati tempat ini. Mungkin nanti ada keputusan-keputusan pemerintah lebih lanjut,” kata Chairul, Kamis (5/9/2019).

Kendati demikian, Chairul menyebut sudah tidak ada bantuan, baik makanan maupun air dan listrik yang diberikan untuk para pencari suaka.
Sebagai gantinya, UNHCR selaku badan yang bertanggung jawab dalam masalah ini akan memberikan konseling kepada pencari suaka.

“Bantuan semua dihentikan. Jadi fasilitas juga Pemprov DKI telah menghentikan bantuan, kemudian juga UNHCR terakhir semalam memberikan bantuan makanan,” kata Chairul.

Chairul menuturkan, saat ini UNHCR tengah mendata jumlah pencari suaka yang masih bertahan di penampungan sebelum memindahkan mereka.
Pasalnya, pencari suaka di tempat ini yang didominasi asal Afghanistan jumlahnya terus berubah.

“Tadi pagi diperkirakan dari kemarin 200. Sekarang meningkat kok jadi 500. Ini kan penting sekali data real sehingga ketika kita mengambil keputusan kita berdasarkan data yang akurat dan konkrit,” paparnya.

Diketahui, sebelumnya batas akhir pencari suaka menempati penampungan ini hanya sampai 31 Agustus 2019.

Mereka diminta mencari tempat tinggal sendiri setelah diberikan uang kompensasi sebesar Rp 1-1,5 juta per satu keluarga oleh UNHCR. Man

Komentar

News Feed