oleh

Ribuan Warga Kelurahan Lagoa Semarakkan Jalan Sehat

Jakarta, faktapers.id – Lebih dari 2.000 warga Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara menyemarakkan Jalan Sehat Lagoa Bisa 2019, Minggu (22/9). Berkostum merah putih, warga berduyun-duyun mengelilingi kampung sejauh tiga kilometer yang dimulai sejak Pukul 06.30 WIB.

Peserta Jalan Santai Gina Fahira (32) mengakui Jalan Santai Lagoa Bisa 2019 ini salah satu acara terbaik yang pernah diadakan di wilayahnya. Mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat hanya sekadar berjalan santai.

“Menurut saya acara ini sangat baik ya bagi masyarakat. Diajak untuk berolahraga namun tidak harus yang berat-berat. Hanya dengan jalan santai saja kita sudah berkeringat,” kata Guna, saat ditemui di Kantor Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (22/9).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menanggapi acara ini tidak sekadar olah raga semata. Melainkan adanya upaya dalam memperkuat interaksi antar warga. Sehingga ke depannya akan terjalin persatuan yang kuat guna mewujudkan pembangunan di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Utara.

“Kami (Pemerintah Kota) mengapresiasi dan mendorong acara ini. Mengapa? Karena melalui acara ini ada interaksi baik antar warga maupun antar aparat pemerintah. Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Jakarta Utara untuk bisa mengembangkan sebuah pemerintahan yang kolaboratif akan bisa diwujudkan,” terang Sigit.

Dia berharap, kelurahan lain dapat meniru acara serupa atau berkreasi lain agar bisa menjadi suatu budaya dalam membentuk karakter masyarakat yang sehat jiwa dan raga. Tidak hanya sekedar menggelar acara, namun masyarakat harus mampu memahami esensi dan memberikan kontribusi secara langsung.

“Misalnya dengan Jalan Sehat ini. Ini kalau sudah bisa menjadi sebuah budaya tentunya akan bisa membentuk karakter pribadi-pribadi yang sehat baik jiwa maupun raganya,” ungkapnya.

Lurah Lagoa Moch Mujakir menjabarkan, acara ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-74 yang sekaligus mengukur solidaritas antara masyarakat dan pemerintah. Melihat animo masyarakat yang begitu besar, maka tidak menutup kemungkinan acara lain akan digelar guna menjaga kekompakan yang telah terbangun ini.

“Acara ini dilaksanakan dan diikuti peserta dari berbagai komponen masyarakat. Mulai dari Forum RT/RW, Dewan Kota, kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Posyandu, Dasa Wisma, Jumantik, dan tentunya masyarakat kelurahan Lagoa,” tutupnya.

Diketahui, Jalan Sehat Lagoa Bisa 2019 ini dimulai dan diakhiri dari depan Kantor Kelurahan Lagoa atau Jalan Mangga. Berlanjut mengelilingi kampung Jalan Menteng Terusan, Jalan Mengkudu, dan Jalan Mundu.

Tak hanya disajikan aneka kuliner yang dibuat oleh masyarakat setempat, peserta pun turut disajikan acara hiburan yang disisipi pembagian doorprize menarik. Tajuli

Komentar

News Feed