oleh

Sammi Dondokambey Masuk Bursa Calon Bupati Minahasa Utara

Minut, faktapers.id – Tahapan calon Bupati Kabupaten Minahasa Utara belum dimulai. Tetapi nama-nama figur yang kans diusung mulai dibicarakan.

Sejumlah nama populer mencuat di publik. Hal ini tak mengherankan karena 2020 nanti, pemilihan Bupati (Pilbup) digelar. Bursa calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara pun ramai. Para kepala daerah ikut disebut-sebut punya peluang bertarung di pilbup Minut. Sebut saja mantan Bupati Minahasa Utara Sompie Singgal dan mantan Wakil Bupati Yulis Bramuli.

Para legislator dan mantan legislator tak ketinggalan. Ada nama Hendrik Walukow dan Daniel Rumumpe putra Bupati Minut Vonnie Panambunan pun kans besar diusung dicalonkan Bupati Minahasa Utara.

Yang cukup fenomenal adalah muncul nama Sammi Dondokambey atau akrab disapa Om Sammi. Birokrat terbaik sekarang menjabat Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupten Minahasa Utara.

Pengamat politik Dr Stefanus Sampe menilai semuanya memiliki peluang untuk dicalonkan. Menurutnya lagi, Sammi Dondokambey saudaranya Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey Gubenur di Nyiur Melambai adalah sosok menarik di publik. Begitu juga Sompie Singgal mantan Bupati Minut.

“Mereka itu memiliki keunggulan tersendiri. Tetapi semuanya berpulang pada sejauh mana mereka dapat meyakinkan masyarakat Minahasa Utara untuk memilih mereka,” beber Sampe.

Ditambahkan pengamat politik Alfon Kimbal, melihat kompetisi Pilbup Minut, calon yang dibutuhkan adalah mereka yang mau bekerja untuk rakyat.

Figur calon populer misalnya memiliki ketokohan. Dari segi politik, calon tersebut masuk struktur partai. Pasti akan kuat. Kemudian dari segi birokrat dan sosial, aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau keagamaan. Apa lagi birokrat terbaik Sammi Dondokambey Putra Terbaik Kabupaten Minahasa Utara juga sekarang menjabat Kepala BPN Minut.

“Apabila Om Sammi masuk dalan kendaraan Partai Politik Besar seperti PDIP sangat besar berpeluang untuk menjadi Bupati di pilih rakyat Minahasa Utara (Minut). Dari segi ekonomi sangat kuat apabila didukung oleh Gubernur Propinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan juga Ketua DPD PDIP Sulut saudaranya birokrat handal dan putra terbaik Kabupaten Minahasa Utara,” jelas Pengamat Politk Dr. Stevanus Sampe. nixon

Komentar

News Feed