Soal ‘Maut’ Tol Pubaleunyi, DPR: Pastikan Evaluasi Berkala

×

Soal ‘Maut’ Tol Pubaleunyi, DPR: Pastikan Evaluasi Berkala

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Delapan orang tewas pada kecelakaan maut di Tol Purbaleunyi, beberapa waktu lalu. Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo terkait hal itu menyerukan agar pemerintah lakukan ivestigasi.

“Saya menyampaikan rasa bela sungkawa dan duka cita yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, serta meminta pihak berwajib untuk melakukan investigasi dan memaparkan penyebab kecelakaan tersebut,” ungkap legislator Golkar yang akrab disapa Bamsoet ini di Jakarta, Rabu (04/09/19).

Hal tersebut ia kemukakan terkait kecelakaan beruntun yang tejadi di ruas Tol Purbaleunyi KM 91, Kabupaten Purwakarta (2/9), yang melibatkan 20 kendaraan yang terdiri dari kendaraan pribadi, truk dan bus, serta menyebabkan 28 orang menjadi korban dan delapan orang diantaranya meninggal dunia.

“Mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk evaluasi kelayakan jalan tol (kondisi jalan, rambu, penerangan, dan fasilitas) apakah sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM),” ujar Bamsoet.

Dan, sambung dia, memastikan evaluasi tersebut berjalan secara berkala yang diimbangi dengan adanya perbaikan pada jalan tol guna memberikan rasa nyaman dalam berkendara. Kepada Kementerian Perhubungan Bamsoet pun mendesak agar memperketat pengecekan tonase dan dimensi kendaraan truk dan kontainer.

“Untuk memastikan tidak ada kendaraan yang membawa muatan melebihi jumlah berat yang diizinkan (JBI), guna menghindari terjadinya kecelakaan mengingat banyak kasus kecelakaan terjadi akibat kendaraan yang kelebihan muatan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Bamsoet juga mendorong Kepolisian selaku pihak berwenang yang mengeluarkan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk perketat pemberikan SIM, agar dapat memastikan pengendara yang memiliki SIM betul-betul mampu memahami cara berkendara dengan baik dan benar sesuai dengan aturan.

“Mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara, dan selalu memperhatikan setiap rambu yang telah dipasang dan arahan petugas di jalan,” imbuhnya. Oss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *