oleh

Sosialisasikan Buang Sampah di Sungai, Ini Yang Dilakukan Balon Kades Sumberejo

Klaten, faktapers.id – Berbagai cara masyarakat dalam mensosialisakan sungai bersih tanpa sampah. Mulai dari membuat tulisan anti sampah hingga diadakan kebersihan sungai.

Namun untuk mendukung program sungai bersih di Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan ,Klaten Jawa Tengah salah satu Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Agung Sutrisno mensosialisasikan agak berbeda.

Sejumlah kaum bapak maupun ibu-ibu beradu kelihaian untuk memancing ikan lele . Ratusan pemancing dari setiap dusun di Desa Sumberejo pun beramai-ramai mengikuti perlombaan yang diselenggarakan di Sungai Ratna Bantala dukuh Kunden.

“Selain kita galakkan sungai bersih dari sampah ini kita lakukan dalam rangka menjalin dan mempererat tali persaudaraan antar warga desa Sumberejo. Kali ini kita buat lomba mancing ikan lele. Karena warga kita banyak saya lihat yang hobi memancing. Jadi kita adakan lomba memancing,” kata Agung Sutrisno (Balon Kades penantang Petahana) kepada wartawan di sela-sela acara, Minggu (01/09/19) pagi.

Untuk kaum ibu, sudah diadakan lomba senam dan sejumlah permainan lainnya. Namun, antusias warga terlihat pada lomba memancing ikan. Pasalnya, perlombaan tersebut jarang diadakan di tempat ini.

“Kita tabur 2 kwintal ikan lele. Pemenang lomba yang berhasil menaikkan ikan yang paling berat. Ini semua gratis,” jelasnya.

Lebih lanjut bapak dari empat anak ini berharap, masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya sungai dari perilaku warga membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, salah satu warga Kunden Jimo Susanto (65) mengatakan, bahwa sungai Ratna Bantala sebelumnya sangat kumuh , warga terbiasa membuang sampah disungai.

“Warga sekarang makin sadar akan pentingnya sungai bersih , sebelum digunakan untuk mancing kita gotong-rotong membersihkan sungai ,” tuturnya. Madi

Komentar

News Feed