oleh

Tahun 2020 Pemkab Gowa Tetapkan Sebagai Tahun Keagamaan

GOWA, faktapers.id – Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menetapkan sebagai tahun keagamaan. Hal ini diutarakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam acara Tauziyah, Dzikir, dan Doa menyambut Tahun baru 1441 Hijriyah yang berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf, Sabtu (31/9).

“Tahun depan selain terus menjalankan program-program yang ada secara berkelanjutan. Kita akan membuat satu terobosan kegiatan keagaamaan yaitu satu hafidz satu desa dan kelurahaan,” urai Adnan.

Program ini sudah mulai dipersiapkan sejak tahun ini dan akan menjadi salah satu program unggulan Pemkab Gowa di tahun depan.

” Program ini akan kita peruntukkan kepada semua anak-anak kita yang memiliki minat tinggi terhadap Al-qur’an yang semua biayanya akan ditanggung oleh pemerintah Gowa.
Program juga kita peruntukkan bagi para imam-imam baik imam desa, kelurahan maupun imam dusun,” jelas orang nomor satu di Gowa.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan terkait program Pemkab Gowa ini.
” Para iman ini akan kita berikan pelatihan dan pendidikan yang nantinya akan kita kerjasamakan dengan rumah-rumah tahfidz. Sehingga seluruh masjid di Gowa akan diimami oleh para penghafal Al -qur’an,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, pihaknya juga akan membuat program untuk para guru-guru agama mulai dari guru tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Guru-guru ini akan kita kerjasamakan dengan rumah-rumah tahfidz, minimal bisa menguasai 15 hingga 20 juz. Kemudian kita membuat ekstra kurikuler dimana para siswa-siswi SD dan SMP juga nantinya diajarkan untuk bisa menghafal Al-qur’an,” tambahnya.

Pembinaan kehidupan sosial kemasyarakatan dan keagamaan juga menjadi hal penting. Pemkab Gowa akan terus mendorong berbagai upaya yang dilakukan oleh masyarakat baik secara perorangan maupun secara kelembagaan.

” kita akan mendorong kegiatan -kegiatan keagamaan, tolerasi baik secara perorangan maupun lembaga harapan agar terciptanya suasana kondusif penuh toleransi antara sesama umat beragama. Sehingga ini menjadi modal dasar dalam mendorong serta mensukseskan seluruh program dan kegiatan pemerintah yang diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat Kab Gowa,” tekan mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel ini.

Sekedar diketahui acara tauziah zikir dan doa menjadi agenda tahunan Pemkab Gowa menyambut Tahun Baru Hijriah.(VH)

Hadirkan Tiga Penceramah Menyambut Tahun Baru Hijriah

Humas Gowa — Menyambut Tahun Baru Hijriah 1441 H Pemkab Gowa kembali menggelar Tauziyah, Dzikir, dan Doa. Berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf, Sabtu (31/8).

Menghadirkan tiga penceramah yakni; Muhsin Ramlan, Zein Asffar Afandy dan Salahuddin Rahman Al Ayubi. Hadi dalam kegiatan ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, pimpinan Forkopimda Gowa, pimpinan SKPD dan jajarannya, serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Gowa.

Adnan dalam sambutannya menjelaskan spirit peringatan tahun baru hijriah.

“Telah menjadi tradisi di Gowa bahwa setiap memasuki tahun baru hijriyah atau 1 Muharram, masyarakat akan melakukan berbagai kegiatan yang akan mengingatkan kita pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah menuju kota Madinah,” ujar Bupati Adnan.

Peristiwa ini mengandung nilai-nilai sejarah penting yang menjadi titik awal bangkitnya Islam pada masa lampau.

” Kegiatan ini bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah sekaligus menanamkan spirit bagi kita umat muslim untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan hijrah untuk kehidupan yang lebih baik,” tambah Adnan.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mmenjelaskan tujuan peringatan Tahun Baru Hijriah. “Kegiatan ini sebagai ajang evaluasi dan instropeksi diri sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar tingkat ketaatan dan keimanan kita kepada Allah SWT sekaligus menyemarakan siar Islam di daerah kita tercinta Kabupaten Gowa,” jelas Syamsuddin Bidol.

Dikesempatan ini juga Pemkab Gowa berharap doa, bantuan dan dukungan masyarakat Gowa, agar program-program pemerintah mampu berjalan dengan baik sesuai harapan. Kartia

Komentar

News Feed