Lahan Terbatas, Lurah Tanjung Duren Utara Rubah Konsep Pemasangan Septic Tank

×

Lahan Terbatas, Lurah Tanjung Duren Utara Rubah Konsep Pemasangan Septic Tank

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat, terpaksa harus merubah konsep pembuatan septic tank. Sebab pembuatan septic tank dari PD PAL Jaya terlalu besar dengan ukuran panjang 2,5 meter, lebar 1.2 meter, tinggi 1,8 meter. Sehingga tidak sesuai dengan lahan yang ada.

“Kami terpaksa rubah konsep pemasangan, yang rencanya akan dipasang oleh PD PAL Jaya. Kami tukar dengan punya Sumber Daya Air. Mengingat lokasi lahan tidak mendukung,” ujar Lurah Tanjung Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu(9/10/2019).

Iskandar menjelaskan, diwilayahnya ada 21 titik jamban di sepanjang sodetan kali gendong RT 15 RW 07 yang belum memiliki septic tank. Meskipun demikian, pemerintah berupaya memfasilitasi pembuatan septic tank dilingkungan tersebut.

“Hari ini sudah di gali 3 titik untuk penempatan biotek septic tank dengan ukuran 0,8 meter X 1,5 meter dari Sudin SDA Jakarta Barat,”pungkasnya.

Iskandar mengungkapkan, kondisi lahan yang sempit membuat konsep pemasangan septic tank harus diubah. Kali ini septic tank yang digunakan berukuran 0,8×1,5 meter.

“Kalau dari PD PAL nanti dipasang di lokasi yang lebih memungkinkan, karena lebar 1,2 meter panjang 2,5 meter tinggi 1,8 meter,”ungkapnya.

Selain itu ujar lurah, konsep satu septic tank untuk lima kamar mandi urung dilakukan. Dan diganti dengan menggunakan konsep satu kamar mandi satu septic tank. Dengan begitu akan terdapat 21 septic tank untuk 21 kamar mandi yang akan dibangun.

Berdasarkan pantauan, belasan pasukan orange dan biru mulai membuat lubang septic tank tepat di depan kamar mandi warga.
Pada kemarin, baru tiga lubang yang digali dan satu septic tank mulai dipasang. “Jadi setiap lubang bervariasi mengikuti tinggi pipa yang telah dipasang warga,” tutup lurah mengakhiri pembicaraan. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *