Headline

Kualitas Beton Jalan Sindangrasa Diragukan

×

Kualitas Beton Jalan Sindangrasa Diragukan

Sebarkan artikel ini

Ciamis, faktapers.id – Pembangunan betonisasi di Dusun Sindangrasa Kecamatan Tambaksari Kab Ciamis jadi polemik dan patut jadi perhatian rapat hukum.

Hal ini terungkap saat faktapers.id bersama salah satu anggota BPD melakukan crosscek langsung ke lokasi proyek pembangunan jalan beton di Dusun Sindangrasa, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

Menurut anggota BPD Dusun Sindangrasa yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan bahwa pembangunan jalan betonisasi itu sudah menyalahi RAB yang sudah di buat oleh Pendamping Desa.

Anggota BPD itu menjelaskan bahwa volume proyek itu yakni panjang 218 meter, lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm, dan membutuhkan 640 sak/4 DO. Namun faktanya, semen yang digunakan untuk proyek itu hanya 480 sak. Lalu kemana selisih anggaran 160 sak ?

Ketika hal itu dipertanyakan anggota BPD kepada Kepala Dusun Sindangrasa dan panitia pembangunan, dengan polosnya menjawab bahwa dikuranginya semen akibat kurang pasir.

Anggota BPD Dusun Sindangrasa mengungkapkan ke awak media bahwa perencanaan yang dibuat oleh Pendamping Desa telah menjadi RAB, lalu mengapa masih ada selisih dari penggunaan semen untuk pembangunan jalan tersebut ?

“Lalu siapa yang bertanggungjawab,” ujarnya.

miirisnya lagi, program Dana Desa ditambah dengan anggaran swadaya Rp 10.400.000, padahal pemerintah memberikan program Dana Desa untuk pemberdayaan/ PKT (Padat Karya Tunai), sementara di Desa Tambaksari sungguh sangat berani pembangunan jalan betonisasi di Dusun Sindangrasa masih ada swadaya.

Hal lainnya juga diungkapkan para tokoh masyarakat ke awak Harian Faktapers dan faktapers.id terkait pengupahan yang dibayar melalui HOK (harian ongkos kerja) sebesar Rp 70.000 dan sudah di buat RAB sementara yang dibayarkan ke para pekerja hanya Rp 61.000, juga terdapat selisih Rp 9000 dengan alasan untuk kebutuhan lain lain.

Sayangnya, Kepala Dusun Sindangrasa belum berhasil dikonfirmasi awak media, Senin (7/10), di kediamannya.

Awak media pun langsung mendatangi kantor Desa Tambaksari untuk konfirmasi ke Kades Hj Tarsa Sujana, dan awak mediapun diarahkan untuk konfirmasi ke Sekdes di kantor BPD dan didampingi Ketua BPD, Nendo.

Sekdes menjelaskan bahwa pembangunan jalan betonisasi di Dusun Sindangrasa sudah diserahka Pemerintah Desa sepenuhnya ke Kepala Dusun dengan panitia pembangunan.

“Kalaupun terjadi kesalahan di lapangan seharusnya anggota BPD sebagai fungsi pengawasan, jangan pemerintah Desa yang disalahkan,” ungkapnya.

Nendo selaku Ketua BPD Tambaksari Kec Tambaksari Kab Ciamis mengklarifikasi penjelasan Sekdes.

“Bagaimana bisa menyalahkan karena pada saat pelaksanaan pembangunan tidak pernah di undang, seperti yang terjadi di Dusun kami. Saya pun sebagai Ketua BPD pada saat pembangunan sama halnya tidak di undang,” ungkap Ketua BPD Nendo ke awak media. dedi Irfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *