Headline

Melalui Kemah Gempita Scout Challenge Camp 2019, Bupati Berharap Pramuka Kubar Jadi Agen Pembangunan

×

Melalui Kemah Gempita Scout Challenge Camp 2019, Bupati Berharap Pramuka Kubar Jadi Agen Pembangunan

Sebarkan artikel ini

Kutai Barat, faktapers.id – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka), 11 Kwartir Ranting Pramuka se-Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, mengikuti Gempita Scout Challenge Camp berlangsung pada 9-10 Oktober 2019.

Acara dimulakan dengan upacara dan parade 11 kwartir ranting Pramuka se-Kubar tersebut, dibuka oleh Asisten 1 Setkab Kubar, Misran Effendi mewakili Bupati Kubar FX Yapan SH dengan pemukulan gong dan pemberian penghargaan kepada patriot lingkungan dan dewan juri, Rabu (9/10/2019) di Taman Budaya Sendawarr (TBS).

“Momentum bagi gerakan Pramuka Kwarcab Kubar agar lebih baik kedepannya, menjadikan generasi muda yang lebih berkualitas,” kata Bupati FX Yapan dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Misran Effendi.

Menurut Bupati, Pramuka merupakan wadah pendidikan pembentukan karakter bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI, secara khusus sebagai agen pembangunan daerah pada masa mendatang.

“Pramuka merupakan gerakan kebangkitan dan komitmen ‘Praja Muda’ untuk ambil bagian dalam misi pembangunan dan kemanusiaan,” ucap Misran.

Disamping itu menurut Bupati, Dasa Dharma Pramuka mengajarkan keterampilan, kedisiplinan, solidaritas, integritas dan tanggung jawab yang harus dipegang teguh insan pramuka. Hal itu ungkapnya, bisa menjadi modal penting dan prasyarat untuk unggul, maju dan berdaya saing bagi generasi muda yang ada di Kubar.

“Gerakan Pramuka akan menjadi jawaban untuk menekan situasi yang memprihatinkan kaum muda saat ini yang akrab dengan kekerasan, kriminalitas, seks bebas, narkoba, dan lain-lain penyakit sosial, yang menjadi ancaman nyata dan merapuhkan kedaulatan bangsa,” kata Misran Effendi

Bupati FX Yapan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan pramuka Kabupaten Kubar, berpesan agar Pramuka dapat meningkatkan pengabdiannya ditengah pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemkab Kubar hingga saat ini.

“Tertuang dalam misi pembangunan Pemkab Kubar periode 2016-2021 pada butir ketujuh. Yakni pemberdayaan peran kampung, pemuda dan perempuan sebagai basis pembangunan masyarakat,” tandas Misran Effendi, mengakhiri sambutan tertuis Bupati FX Yapan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kubar, Yacobus Yamon, mengaskan bahwa pramuka di Kubar sudah berkembang cukup pesat. Bahkan menurutnya, saat ini dihampir setiap sekolah atau gugus depan.

“Dalam kegiatan perkemahan Gempita Scout Challenge Camp yang berlangsung pada 9-10 Oktober 2019, diisi dengan beragam lomba untuk melatih mental Pramuka Kubar,” tandasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan Gempita Scout Challen merupakan gabungan dari kegiatan pertemuan pramuka se-Kubar.
Dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan di Taman Budaya Sendawar.

Sebagai proses pembinaan dan pembentukan watak. Yaitu melalui kegiatan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

11 ranting pramuka se-Kubar yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Ranting Bongan, Jempang, Muara Lawa, Bentian Besar, Mook Manaar Bulatn, Melak, Sekolaq Darat, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering dan Long Iram. (adv/iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *