Headline

Ini Loh Bunda Tips Cara Atasi Si Kecil Sulit Makan

×

Ini Loh Bunda Tips Cara Atasi Si Kecil Sulit Makan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Hallo pembaca setia faktatips. Kali ini faktatips akan membagikan beberapa tips tentang banyaknya keluhan para bunda yang putus asa menghadapi Si Kecil yang susah makan.

Banyak peneliti menyebutkan, sebagian orang tua menyerah menghadapi anak yang sulit mengkonsumsi makanan sehat.

Bahkan, yang paling mengejutkan, dari hasil penelitian tercatat 68 persen para bunda merasa frustasi dan stres dengan permasalahan itu.

Sehingga mereka merasa khawatir si Kecil tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Namun bunda tidak perlu khawatir, sebab masalah sulit makan pada anak adalah hal yang normal terjadi.

Berikut tips yang akan dibagikan oleh faktatips:

Sabar

Ingatlah bahwa ternyata 30 persen anak-anak melalui fase tidak menginginkan makanan apapun. Banyak alasan seperti gigi tumbuh, perut tidak enak, hingga tidak suka dengan menu yang dihidangkan.

Si Kecil akan Makan Ketika Lapar

Menunggu Si Kecil lapar, tentunya dapat membuat Anda kehilangan kesabaran. Tapi ini lebih baik, daripada Anda memaksanya makan hingga ia menangis.

Rutinitas

Anda dapat menciptakan rutinitas wajib. Misal, makan 3 kali sehari, pukul 07.00, 12.00 dan 19.00 serta beberapa cemilan di sela waktu tersebut. Berikan waktu Si Kecil makan selama 30 menit, dan langsung rapikan walaupun ia belum selesai makan. Kegiatan ini akan melatihnya untuk disiplin juga lho, Bunda!

Batasi Minum

Terlalu banyak minum dapat membuat perut Si Kecil terasa cepat kenyang. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasinya minum susu atau jus mendekati jam makan.

Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran

Anak yang pemilih soal makanan, sering membuat orangtua kesal. Namun cobalah untuk bersabar, dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka. Karena dampaknya bisa lebih buruk.

Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari

Siapapun pasti akan bosan jika harus makan menu yang sama tiap hari. Kreasikan menu unik dengan penyajian menarik yang bisa merangsang anak untuk makan. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang ia suka, sehingga anak lebih senang memakannya.

Itulah tips yang dirangkum oleh faktatips. Nah Bunda setelah itu bisa dilakukan dengan para ahli gizi. Semoga bermanfaat ya bunda.(fp04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *