Headline

Kades Pasung Dorong Pengembangan BUMDes Melalui Wisata Kuliner

×

Kades Pasung Dorong Pengembangan BUMDes Melalui Wisata Kuliner

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Merancang ide kreatif dan melakukan inovasi dalam pengembangan sebuah usaha, merupakan suatu langkah positif yang sewajarnya dilakukan pelaku usaha demi kelangsungan usahanya. Perencanaan terstruktur serta mampu mengorganisir administrasi dan pelaksanaan teknis secara baik, tentu akan memberikan output yang sama baiknya.

Hal serupa ternyata juga dapat diterapkan untuk pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam memajukan unit-unit usahanya. Ada banyak jenis unit usaha yang dapat dikembangkan oleh BUMDes, salah satunya adalah Wisata Desa, seperti yang sedang dikembangkan oleh BUMDes Lumintu desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten yaitu BUMDes yang konsen dengan olahan kuliner khas kampung.

Memanfaatkan lahan seluas 500 meter persegi yang telah disewa oleh BUMDes semenjak 2018, terletak tidak terlalu jauh dari Kantor kelurahan Pasung tepatnya depan SMPN 2 Pasung berada dibawah Tower, saat ini tengah “disulap” menjadi tempat tujuan Wisata Kuliner dengan nuansa keluarga khas alam pedesaan.

Ditemui di “Resto Sor Tower”, nama yang diberikan bagi unit usaha Wisata Desa BUMDes karena berada dibawah Tower ini, Kepala Desa Pasung Sumarsono menjelaskan bahwa konsep untuk Wisata Desa Pasung ini sudah ada semenjak awal Tahun 2018 yang lalu dan baru beroperasi satu minggu. Dengan banyaknya kegiatan dan konsep wisata lain seperti Agrowisata, Pemancingan, Outbond dan Wisata Edukatif membuat wisata kuliner ini baru terealisasi sekarang.

“Di lokasi ini sudah ditata tempat kuliner yang presentatif cocok buat nyantai dengan keluarga maupun teman, Jadi pengunjung dan wisatawan yang berkunjung ke Desa Pasung bisa benar-benar menikmati makan atau santai diarea yang sejuk ,” jelas Sang Kades yang akrab dipanggil Ambon ini, Rabu (2/10).

Memang pemandangan yang ditawarkan dilokasi Pasung ini sangat menjanjikan. Suasana yang nyaman dibawah rindangnya pohon yang berada disekeliling resto juga menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung mengambil foto. Banyak spot foto menarik disini, seperti yang dilakukan oleh Siswanto (40) salah satu pengunjung rombongan keluarga, bapak tiga anak ini sampai rela datang dari kota untuk menikmati kuliner disini.

“Saya datang bersama keluarga dan dapat info dari medsos,” ujarnya.

Konsep dasar Resto Sor Tower merupakan Wisata Kuliner yang nanti akan disupport oleh produk-produk lokal Desa. Disamping juga akan menyediakan dan menjual makanan minuman khas yang diproduksi oleh masyarakat Desa Pasung.

Resto Sor Tower dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu Free Wifi, Karaoke, Live Musik dan lainnya. Hingga saat ini telah memberdayakan setidaknya 20 orang tenaga kerja dari karang taruna setempat. madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *