oleh

Kantor DPUPR dan BKAD Kubar Digeledah Tim Penyidik Kejari

Kutai Barat, faktapers.id – Selasa 1 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 Wita, terjadi pemandangan tidak seperti biasanya di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim.

Kantor DPUPR Kubar di Sendawar didatangi oleh Tim Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Pidsus Kejari) Kubar yang menggeledahnya. Kondisi serupa penggeledahan juga dilakukan oleh Tim Pidsus Kejari Kubar di kantor Badan Keuangan dan Aset aerah (BKAD) Kubar.

Pantauan langsung Harian Fakta Pers dan faktapers.id, penggeledahan itu berlangsung mencapai tiga jam, sejak pukul 14.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Hingga berita ini diwartakan, belum diketahui secara jelas tujuan penggeledahan di dua kantor instansi pemerintahan itu.

Tampak puluhan bundel berkas yang dimasukan dalam kotak plastik dibawa turun dari dua kantor dinas itu oleh Tim Kejari Kubar dan dimasukan kedalam mobil.

“Gak tahu pak. Tapi sepertinya dari Tim Kejari Kubar,” ungkap salah satu pegawai di kantor DPUPR Kubar menjawab tanya puluhan wartawan yang sedang menunggu di Lantai Dasar kantor itu.

Informasi yang dihimpun oleh Harian ini dari berbagai sumber mengatakan, diduga kuat penggeledahan itu terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana Korupsi pembangunana jalan Tanjung Isuy di Kecamatan Jempang dan pembangunan rumah ibadah Kristen Center di Kubar, yang saat ini ditangani oleh kejari Kubar.

Diberitakan sebelumnya oleh faktapers.id bahwa perkara dugaan korupsi pengaspalan jalan dan pembangunan Kristen Center Kubar, sejak Mei lalu naik status dari penyelidikan ke penyidikan.

Namun wartawan berhasil mengonfirmasi Kasi Pidsus Kejari Kubar, Iswan Noor SH via seluler pada pukul 20.00 Wita malam tadi.

“Benar, siang tadi (Selasa 1/10/2019, red) kami menggeledah kantor DPUPR dan BKAD Kubar, silahkan bersabar ya,” tuturnya diujung telepon.

Sekadar diketahui, dua kasus tersebut yakni dugaan korupsi pembangunan Christian Center (Gedung Kristen Center) Kubar dengan nilai Rp 50.700.400.000 di Kampung Belempung Ulaq, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar. Serta proyek peningkatan Jalan Poros (Pengaspalan) dari depan Kantor Camat Jempang (Simpang Tiga Makoramil/PLN) Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang ke Jalan Poros Trans Kaltim sepanjang sembilan kilo meter dengan nilai proyek RP 25 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) regular tahun 2017. Iyd

Komentar

News Feed