oleh

Kodim 1304/Gorontalo Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

Gorontalo, faktapers.id – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober merupakan peringatan Penumpasan Pemberontakan PKI pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan Gerakan 30 September (G30SPKI).

Untuk memeperingati Peristiwa Penumpasan Gerakan 30 S PKI, Personel Jajaran Kodim 1304/Gorontalo Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober 2019) yang digelar di Lapangan Upacara Makodim 1304/Gorontalo Jl. Ahmad Yani, Kel. Biawao Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo.

Sebanyak 3 SST Pasukan Upacara yang terdiri dari Personel Jajaran Kodim 1304/Gorntalo melaksanakan upacara tersebut. Bertindak Selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 1304/Gorontalo Mayor Inf Julius Jongen Matakena.

Dalam Kesempatan ini Kasdim 1304/Gorontalo mengatakan bahwa Upacara ini dilaksanakan Untuk mengenang tragedi dari sejarah Kelam Bangsa Indonesia yang berhasil dalam upaya penumpasan Gerakan PKI yang berupaya menumbangkan Pancasila dengan Paham Komunis.

Pemberontakan PKI tidak hanya pada tanggal 30 September 1965 saja sejarah mencatat bahwa PKI telah melaksanakan Pemberontakan – Pemberontakan di berbagai tempat.

Paham PKI sangat Bertentangan dengan Pancasila karena sangat jelas Bertujuan untuk Mengubah Dasar Negara Bangsa Indonesi yaitu Pancaila Pancasila yang salah satunya mengandung Paham Ketuhanan YME dan Demokrasi Indonesia.

PKI juga ingin membentuk angkatan ke V yaitu Buruh dan tani dipersenjatai ini akan menimbulkan kerawanan negara pada saat itu dan akan menimbulkan korban dimana-mana. rd

Komentar

News Feed