Headline

Launching Pilkada 2020, Bupati Harapkan Memberikan Informasi ke Masyarakat se-Kubar

×

Launching Pilkada 2020, Bupati Harapkan Memberikan Informasi ke Masyarakat se-Kubar

Sebarkan artikel ini


Kutai Barat, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar), Kaltim, mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kubar tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubar, agar berjalan aman dan lancar.

Bupati Kubar, FX Yapan SH Tumenggung Singa Paraja mengungkapkan, Peluncuran Pilkada 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Kubar, diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat 16 kecamatan se-Kubar, tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar untuk periode mendatang.

“Partisipasi masyarakat (Pemilih) diharapkan semakin meningkat dari pilkada yang lalu. Hal itu untuk suksesnya pesta demokrasi 2020, agar berjalannya demokrasi dengan baik di Bumi Tanaa Purai Ngeriman,” kata Bupati FX Yapan SH dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kubar, Drs Yacob Tullur MM dalam Peluncuran Pilkada 2020 oleh KPU Kubar di Taman Budaya Sendawar (TBS), Selasa (29/10/2019).

Bupati FX Yapan mengungkapkan, agenda politik dengan pesta demokrasi 2020 yang akan dilaksanakan oleh Kabupaten Kubar dengan pemilu bupati dan wakil bupati, fungsinya untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan pembangunan daerah.

“Diharapkan membawa Kubar semakin maju dan berkembang serta mensejahterakan masyarakat. Serta terjaganya kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Yacob Tullur.

Bupati mengimbau masyarakat 16 kecamatan se-Kubar menyukseskan agenda besar pesta demokrasi 2020. Menurutnya, persatuan dan kesatuan masyarakat bersama menjaga Kubar sangat diharapkan.

“Sehingga Kubar tetap aman, tentram, tertib dan damai dan kondusif menuju kegiatan Pilkada 2020,” urai Yacob Tullur.

Bupati FX Yapan berpesan, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi isu dan kabar hoax yang belum tentu kebenarannya. Dia meminta masyarakat jangan mudah di adu domba serta fitnah lainnya.

“Saya yakin wargaku tercinta masyarakat Kubar dewasa dan pasti lebih cerdas dalam berpikir, berujar maupun berkata. Cerminkan masyarakat yang beradat dan berkualitas,” pungkas Yacob Tullur.

Sementara itu, Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye SH menjelaskan bahwa secara nasional pilkada serentak sudah dilaunching sejak 23 september 2019 atau setahun menuju pencoblosan pada 23 september 2020.

“Di Kubar baru dilakukan saat ini. Karena persiapan masih menunggu kepastian anggaran pilkada,” terangnya.

Hanye menuturkan. anggaran pilkada Kubar 2020 saat ini sudah disepakati dengan pemkab Kubar melalui penandatanganan hibah daerah pada 1 oktober 2019.

“Sejumlah kegiatan mulai dilaksanakan sebelum launching. Selanjutnya KPU akan merekrut panitia pemungutan suara (PPS), dan sosialisasi berbagai aturan pemilu. Termasuk pemutakhiran data pemilih,” tukasnya.

Arkadius Hanye menyebut, KPU Kubar akan memvalidasi data pemilih. Karena ditarget dalam pilkada 2020 partisipasi masyarakat diatas 80 persen dari pemilu lalu.

Untuk diketahui, launching atau peluncuran Pilkada Serentak Kubar 2020 oleh KPU Kubar tersebut, ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon ke udara secara bersama oleh KPU dan Forkopimda Kubar.(adv/iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *