Tukar Sampah Jadi Emas, RW 03 Kelapa Gading Timur Juara Proklim 2019

×

Tukar Sampah Jadi Emas, RW 03 Kelapa Gading Timur Juara Proklim 2019

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara meraih juara Program Kampung Iklim (Pro Klim) 2019. Prestasi didapatkan salah satunya melalui program tukar sampah jadi emas yang digalangkan sejak April 2019 lalu.

Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur Budi Winarko mengucap syukur, atas penghargaan Predikat Utama tingkat nasional dalam Pro Klim 2019. RW ini menjadi satu-satunya peserta dari DKI Jakarta yang mampu menoreh penilaian sebesar 92 dari standar minimum yakni 90.

Rencananya, penghargaan akan diserahkan KLHK saat puncak kegiatan Festival Iklim 2019 di Hotel Century, Selasa (1/10) besok.

“Alhamdulillah prestasi ini tentunya berkat kolaborasi dari berbagai pihak, mulai dari warga hingga peran pemerintah,” kata Budi, saat dikonfirmasi, Selasa (1/10).

Dijelaskannya, salah satu nilai yang diraih yaitu adanya program Tukar Sampah Jadi Emas dari PT Pegadaian Persero yang saat ini diikuti sebanyak 74 nasabah aktif.

Tingginya peran masyarakat dalam program bank sampah komposter, penghijauan hingga kebersihan pun menjadi penunjang dalam torehan prestasi tersebut.

“Hal lain yg kami usahakan adalah terwujudnya beberapa aspek mitigasi dan adaptasi yang memang harus dilakukan oleh warga dalam mengantisipasi efek perubahan iklim. Alhamdulillah kami sudah berhasil menerapkan hampir di seluruh aspek adaptasi dan mitigasi di RW 03 Kelapa Gading Timur,” jelasnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Slamet Riyadi menerangkan, pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator dalam segala kegiatan masyarakat.

Hasil ini tentu tak lepas dari tingginya parsitispasi warga dalam berbagai program lingkungan, seperti bank sampah, penghijauan, pengurangan sampah dan pemanfaatan pekarangan untuk penghijauan.

“Selama ini, kami (Suku Dinas LH) hanya melakukan pembinaan dan memberikan bantuan alat, khususnya di bidang komposting serta bank sampah,” tutupnya.

Tak hanya RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, prestasi di bidang lingkungan hidup juga ditorehkan oleh Bank Sampah Majelis Taklim Koja. Penghargaan diberikan karena inovasi dalam mengubah sampah atau limbah plastik menjadi conblock. Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *