Headline

Peduli Kebersihan, Sejumlah Relawan Klaten Pungut Sampah di CFD

×

Peduli Kebersihan, Sejumlah Relawan Klaten Pungut Sampah di CFD

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id -Ada yang berbeda CFD (Car Free Day) Klaten, Minggu (3/11/2019). Sejumlah Komunitas Peduli Sampah di Bumi Bersinar, mengampanyekan peduli lingkungan dengan mencontohkan langsung.

Mereka memungut sampah, yang tercecer di sepanjang jalan Pemuda dan sekitar Alun-alun. Berbekal sarung tangan dan karung kosong, beberapa komunitas pecinta lingkungan ini, menyisir semua sudut jalan wilayah area CFD .

Hariyono, Ketua relawan yang menamakan Lindu Aji ini mengatakan, kegiatan kampanye ini merupakan wujud keprihatinan terkait permasalahan sampah plastik di Klaten .

Kegiatan ini diikuti sejumlah anggota DPC Lindu Aji sekitar lebih dari 3000 orang yang saat ini tersebar disetiap kecamatan diwilayah kabupaten Klaten .

“Sengaja dilakukan agar Klaten bersih, tidak berserakan sampah saat acara mingguan CFD,” katanya saat dikonfirmasi.

Dia berharap, kegiatan tersebut bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita juga ingin mengajak masyarakat Klaten untuk sadar agar membuang sampah pada tempatnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Haryono, menjelaskan, selain rendahnya kesadaran masyarakat, faktor minimnya fasilitas seperti tempat sampah menjadi pemicu utama prilaku membuang sampah sembarangan.

Dia meyakini, jika pemenuhan fasilitas terpenuhi, maka perilaku membuat sampah sembarangan tidak akan begitu besar.

“Mereka membuang sampah karena tidak ada tong sampah yang bisa digunakan. Yang tersedia tidak cukup. Sehingga sampah ini membuat pusat kota tidak indah,” jelasnya.

Ia juga berharap, Ormas Lindu Aji bisa diterima dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat Klaten .

“Yang kami lakukan tidak hanya itu, bekerjasama TNI dan Polri kami melakukan pengamanan agar tercipta keamanan dan tentunya NKRI harga mati,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, para Komunitas Peduli Sampah yang tergabung dalam Ornas Lindu Aji tersebut, berhasil mengumpulkan puluhan karung yang berisi sampah khsusnya sampah plastik saat CFD Klaten.(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *