oleh

Operasi Zebra Candi 2019 Polres Klaten Tindak 4.043 Didominasi Pelanggar Anak Dibawah Umur

Klaten, faktapers.id -Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2019, di wilayah hukum Polres Klaten, jajaran Sat Lantas Polres Klaten tindak 4.043 pelanggaran. Angka tersebut mengalami penurunan 19 persen dibanding tahun 2018 yaitu 4.097. Dari keseluruhan pelanggaran tersebut, masih di dominasi oleh kendaraan roda dua.

Hal tersebut di sampaikan oleh Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugerah Rahman,yang sekaligus selaku Kasatgas Gakkum Operasi Zebra Candi 2019, melalui KBO Satlantas Polres Klaten, Ipda Sumasna, Rabu (6/11/2019).

“Selama 14 hari Giat Operasi Zebra, sebanyak 4.043 pelanggaran telah kami tindak, kita berikan tindakan atau penegakan hukum yaitu tilang.” ucap, KBO Satlantas Polres Klaten, Ipda Sumasna .

Sumasna juga mengatakan bahwa pelanggaran masih di dominasi oleh pengguna kendaraan roda dua, adapun barang bukti yang telah di sita petugas meliputi kendaraan bermotor 77 unit, SIM 458, dan 3563 STNK.

“Pelanggaran yang ditilang adalah pelanggaran yang fatal yang dapat menimbulkan kecelakaan maupun kemacetan dan pelanggaran terbanyak melawan arus serta anak dibawah umur.” imbuhnya.

Selain melakukan penindakan pelanggaran, Sat Lantas Polres Klaten juga terus gencar memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang arti pentingnya tertib berlalu lintas, Seperti melalui pembagian pamflet keselamatan, Sosialisasi ke sekolah sekolah, maupun melalui Penmas di Media Sosial dan Radio.

“Operasi Zebra bukan hanya penindakan pelanggaran, tujuan utamanya adalah untuk menekan fatalitas kecelakaan dan meminimalisir pelanggaran, untuk itulah kami terus berusaha menggugah kesadaran masyarakat Klaten agar tertib berlalu lintas, demi keselamatan di jalan,” katanya.

Masih menurut Ipda Sumasna, bahwa Operasi Zebra ini telah dimulai tanggal 23 Oktober 2019 lalu dan berakhir pada 5 November 2019 .

“Operasi Zebra Candi 2019 di laksanakan di seluruh Indonesia, sehingga kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar untuk lebih tertib berlalulintas.” ucap, KBO Satlantas.

Dalam kegiatan Operasi Zebra Candi 2019, Satlantas Polres Klaten mencatat ada 20 Laka ,2 MD, 28 luka ringan, 1 luka berat.(madi)

Komentar

News Feed