oleh

Diberi Penghargaan di Bidang Lingkungan, Anis Kurniawan: Semua Harus Bersinergi untuk Makassar

Makasar, faktapers.id – Peringatan Hari Jadi Kota Makassar ke-412 dilaksanakan meriah di lapangan Karebosi, Sabtu 9 November 2019.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, PJ Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb dan sejumlah tokoh penting lainnya hadir di momen bersejarah ini.

Pada kesempatan ini juga, Pemerintah Kota Makassar memberi penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berkontribusi dalam membangun kota.

Penghargaan diberikan di bidang pendidikan, kesehatan, pangan, seni budaya dan lingkungan. Di bidang lingkungan, Pemerintah Kota Makassar memberikan penghargaan kepada penulis dan aktivis lingkungan yang juga Direktur Klikhijau.com, Anis Kurniawan.

Diketahui, Anis Kurniawan memang fokus dalam melakukan edukasi lingkungan dalam masyarakat.

Melalui Klikhijau, Anis menginisiasi pentingnya mendorong narasi kesadaran ekologis bagi warga khusunya anak muda.

Anis juga aktif mempertemukan multi pihak untuk menghubungkan semangat gerakan bijak plastik.

Menurutnya, semangat lintas komunitas tentang penanganan masalah plastik harus dibangun agar gerakan yang dilakukan bersifat kolaboratif dan berkelanjutan.

“Kesadaran adalah kata kunci dari masalah lingkungan. Perilaku bijak plastik dapat diwujudkan bila semakin banyak yang sadar betapa pentingnya mulai berbenah. Dimulai dari hal-hal kecil atas kesadaran cinta pada lingkungan,” kata Anis.

Karenanya, Anis melihat bahwa keteladanan dari banyak orang sangat dibutuhkan.

“Keteladanan itu harus diperluas dan dishare agar semakin banyak yang terinspirasi untuk melakukan hal-hal baik bagi lingkungan,” ucapnya.

Anis melihat gerakan anak muda saat ini semakin positif semisal sudah terbiasa bawa tumbler, mulai diet plastik dan lainnya.

“Semangat itu harus terus dirawat. Tugas yang tidak kalah pentingnya saat ini adalah membangun kesadaran pemilahan sampah dari rumah. Kita harus terus mengkampanyekan ini,” tambahnya.

Selain itu, Anis menilai pentingnya integrasi kebijakan antar lembaga pemerintah dan komunitas.

“Semua harus bersinergi untuk Makassar. Semua harus mengambil perannya masing-masing dan terintegrasi,” katanya.

“Setiap ada pesta perkawinan, semestinya calon pengantin diberikan penyuluhan lingkungan. Karena masalah plastik ada di rumah tangga. Di samping itu, sekolah dan kampus harus memberi keteladanan dalam memulai hidup ramah lingkungan,” pungkasnya.(anchank)

Komentar

News Feed