oleh

Malam Syukuran HUT ke-74 TNI dan Peringatan ke-91 HSP di Long Iram, Ini Pesan Bupati FX Yapan SH

Kutai Barat, faktapers.id – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan peringatan ke-91 Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2019, sejumlah kegiatan dilaksanakan oleh Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim.

Diantaranya adalah Seminar Pendidikan dan Kejuaraan Bola Voli Manunggal Cup berlangsung pada 12-25 Oktober 2019 di Gedung Olahraga Kampung Long Iram Kota.
Semua kegiatan itu berakhir dan ditutup secara resmi pada Malam Syukuran di Lapangan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Kampung Long Iram Kota, Minggu (3/11/2019).

Bupati Kubar FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Camat Long Iram, Burhan, berharap melalui dua momen penting Bangsa Indonesia yang diperingati tersebut, akan semakin mempererat silaturahmi dan tali persaudaraan.

“Tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta memacu semangat meningkatkan kualitas dan kapasitas diri. Berperan memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan berkelanjutan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman,” kata Camat Burhan, membacakan sambutan Bupati.

Atas nama Pemkab Kubar, Bupati FX Yapan SH mengapresiasi terselenggaranya dengan baik seluruh rangkaian acara, kerjasama serta kolaborasi antara Koramil dan KNPI Kecamatan Long Iram.

Menurutnya, peringatan HUT ke-74 TNI secara nasional mengangkat Tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Mengisyaratkan bahwa TNI terus meningkatkan kualitas dan kapasitasnya dalam melindungi NKRI dalam wujud persatuan serta harmonisasi masyarakat.

“Pemkab Kubar bersinergi dengan Kodim 0912/KBR, Polres Kubar, dan pihak lainnya mengantisipasi kondusifitas kamtibmas menuju Pilkada 2020,” ujar Camat Burhan.

“Terkait agenda pusat Ibukota Negara yang pindah ke Kaltim, besar harapan saya kaum muda Kubar bangkit dan berperan untuk maju, berkembang serta berkarya bagi daerah,” ucap Burhan.

Bupati mengingatkan pemuda terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertema ‘Bersatu Kita Maju’ dan Sub Tema ‘Pemuda Kutai Barat Solid Bergerak Menyongsong Kehadiran Ibukota Negara Republik Indonesia di Kalimantan Timur’.

Menurutnya, pemuda jangan pernah terlibat narkoba. Memanfaatkan kemajuan IPTEK seoptimal mungkin untuk menggali kreatifitas, membangun imajinasi serta merangkai ide cemerlang.

“Jadilah pemuda-pemudi harapan masa depan, membawa harum nama Kubar. Isi masa muda dengan hal bermanfaat berjiwa kompetisi positif, memacu diri berkarya,” tandas Camat Burhan.

Dipenghujung sambutannya, Bupati FX Yapan atas nama Pemkab Kubar mengucapkan terima kasih kepada aparatur kecamatan dan kampung di Wilayah Long Iram yang mendukung percepatan pembangunan demi terwujudnya Hari Esok Kutai Barat Lebih Baik Daripada Hari Ini’.

“Juga kepada Koramil dan KNPI Kecamatan Long Iram yang telah merencanakan, mempersiapkan dan menyelenggarakan acara ini dengan baik,” ucap Burhan, seraya membacakan dua pantun tertulis Bupati FX Yapan berikut ini:

‘Terjebak Ayam Ditengah Delta, Air Hujan Mendadak Datang Melanda. Dirgahayu Angkatan Bersenjata, Kami Bangga Dengan TNI Yang Ada’.

‘Air Terjun Di Hulu Riam,
Padang Rumput Tempat Berbaring.
Mari Kaum Muda Long Iram, Tingkatkan Kualitas Berdaya Saing’.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kubar, FX Sumardi yang hadir dalam acara itu, juga mengapresiasi Pengurus KNPI serta Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Long Iram yang telah menyukseskan seluruh gelaran acara dalam Kejuaraan Bola Voli Manunggal Cup 12-25 Oktober 2019 di Kecamatan Long Iram.

“Apresiasi dan terima kasih tiada terhingga kepada masyarakat, pemuda, serta Koramil dan Muspika Kecamatan Long Iram,” ungkapnya.

“Saya berharap melalui seluruh gelaran acara, menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” tukas Sumardi.

Ketua Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Long Iram, Rahmani SKM, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-74 TNI dan peringatan ke-91 HSP tersebut, sebagai ajang memacu potensi generasi muda d Kecamatan Long Iram, dan umumnya Kubar.

“Sebagai bentuk dukungan agar pemuda selalu tampil dan memiliki daya saing, bersemangat meraih prestasi. Roh utama dari peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah persatuan,” ucapnya.

Untuk diketahui, seminar pendidikan yang dilaksanakan oleh DPK KNPI Long Iram bertema ‘Menggali Kearifan Lokal Untuk Membangun Pendidikan Kutai Barat Yang Berkarakter’.

Sedangkan Volly Ball Manunggal Cup II merupakan kelanjutan dari kejuaraan yang sama tahun lalu, sebagai ajang pencarian bibit atlet bola voli khususnya di Kecamatan Long Iram dan sekitarnya.

Hadir pula dalam acara itu seluruh unsur Muspika Kecamatan Long Iram, para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta petnggi dan kepala adat 11 kampung tercakup dalam Kecamatan Long Iram. (adv/iyd).

Komentar

News Feed