Headline

Pemkab Bersama Dekranasda Kubar Melaunching Batik Agit

×

Pemkab Bersama Dekranasda Kubar Melaunching Batik Agit

Sebarkan artikel ini

Kutai Barat, faktapers.id – Bertambah satu lagi hasil karya seni budaya asli daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, yakni dibidang kerajinan berupa Batik Agit.

Launching Batik Agit telah dilakukan secara resmi oleh Pemkab Kubar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kubar, melalui fashion show pada malam pesta rakyat HUT ke-20 Kabupaten Kubar di Taman Budaya Sendawar (TBS), Selasa (5/11/2019).

Bupati Kubar FX Yapan SH mengatakan Pemkab Kubar bangga dan apresiasi terhadap kinerja Dekranasda yang mampu menggali potensi seni budaya daerah dibidang kerajinan bersama para pengrajin.

“Hasil karya seni satu kebanggaan daerah.

Terus berkarya dan berinovasi meningkatkan karya seni budaya asli daerah Kubar tercinta ini,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengimbau pejabat dijajaran Pemkab Kubar, swasta, serta masyarakat agar dapat mendukung dan mempromosikan hasil karya seni daerah itu.

“Menggunakan batik khas Kubar ini
dalam berbagai acara dan kesempatan. Misalnya Batik Agit, dan juga batik khas Kubar lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, ada sembilan busana yang ditampilkan dalam fashion show itu.
“Sebagai salah satu cara dan upaya untuk melestarikan kearifan lokal dan mengangkat perekonomian masyarakat Kubar,” ungkapnya.

Yayuk Seri Rahayu menambahkan, launching batik yang dilaksanakan Pemkab dan Dekranasda Kubar pada 2019 ini, merupakan karya yang ketiga.

“Yang sudah dilauchng sebelumnya yaitu Batik Tumang (Tumpar dan Anggrek) dan Batik Moring (Monaaq Ringeng),” bebernya.

Yayuk mengungkapkan, Batik Agit mengandung makna khuaus. Gambar Anggrek Hitam melambangkan keindahan alam Kubar, dan Kelagit merupakan tumbuhan yang saling mengait yang menjaga bunga anggrek hitam.

“Batik Agit menggambarkan rasa persatuan dan persaudaraan masyarakat Kubar yang saling bersatu padu, menjaga keindahan alam daerah ini,” tandasnya.(adv/iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *