oleh

Ground Breaking Masjid Apung Ancol, Anies Pesan Tiga Hal Ini

Jakarta, faktapers.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan menghadiri Ground Breaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Apung Ancol. Dirinya menyampaikan tiga pesan selama proses pembangunan masjid, yang berlokasi di Pantai Ria Taman Impian Jaya Ancol.

“Saya tadi menyampaikan tiga pesan selama proses pembangunan. Pertama harus on budget, kedua harus on quality, dan terakhir harus on schedule. Tiga hal itu yang harus dipegang dalam proses konstruksi,” kata Anies, saat ditemui di Pantai Ria Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).

Dengan masa pembangunan selama satu tahun, dia berharap pembangunan masjid apung ini menandai 56 tahun berdirinya Taman Impian Jaya Ancol. Terlebih kehadiran masjid menambah fasilitas terhadap kebutuhan ibadah pengunjung.

Dia pun memastikan, mesjid apung pertama di DKI ini memiliki desain teknologi kontruksi terhadap perubahan waktu seperti permukaan air laut, siang-malam, hingga perubahan posisi matahari dan bulan. Ditambah dengan teknologi daur ulang air hingga sensor keran air wudhu sebagai langkah penghematan energi.

“Untuk nama masjid nanti dipikirkan dahulu. Saya perlu sampaikan bahwa Ancol berusia 50 tahun lebih, sementara pengunjung ancol banyak dari mereka memiliki kewajiban untuk menunaikan sholat wajib dan itu membutuhkan fasilitas. Karena itu kita bersyukur sekali. Mudah-mudahan di tahun ke-56 masjid itu bisa berdiri,” jelasnya.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali menerangkan, masjid yang dirancang arsitek Indonesia Andra Matin berluas 2.000 meter persegi dengan daya tampang mencapai 2.500 jemaah.

Bangunan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Sedangkan Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur’an. Serta enam minaret atau menara di sisi luar masjid yang melambangkan dasar rukun iman.

“Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta. Tidak hanya itu, Masjid Apung Ancol juga akan menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu,” tutupnya.

Diketahui, acara tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia M Yusuf Kala. Ground breaking ditandai dengan pemancangan satu tiang yang tak jauh dari bibir pantai.(tajuli)

Komentar

News Feed