Headline

Hari Pahlawan 10 November, Gubernur Koster Pimpin Upacara di Lapangan Puputan Margarana

×

Hari Pahlawan 10 November, Gubernur Koster Pimpin Upacara di Lapangan Puputan Margarana

Sebarkan artikel ini

Denpasar, Bali, faktapers.id – Gubernur Bali I Wayan Koster menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, pada Minggu (10/11/2019) pagi.

Pada upacara ini, peserta upacara yang menggunakan pakaian adat Bali mengheningkan cipta selama 60 detik untuk memperingati jasa para pahlawan yang melepaskan bangsa ini dari belenggu penjajahan.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 mengambil tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’. Dalam amanat Menteri Sosial Juliari P Batubara yang dibacakan Gubernur Bali Wayan Koster disampaikan, bahwa menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia. Dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI,

seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, serta membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” kata Gubernur Bali.

Ia berharap, peringatan Hari Pahlawan dapat meningkatkan kesadaran masayarakat untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk memaknai hari pahlawan dengan wujud nyata dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju

Pada kesempatan ini, Gubernur Bali Wayan Koster melepas Pasukan Napak Tilas Pataka, Panji Panji dan Surat Sakti Dewan Pimpinan Perjuangan Rakyat Bali I Gusti Ngurah Rai Tahun 2019.

Pasukan ini akan membawa surat sakti ke sembilan kabupaten/kota se-Bali selama sepuluh hari dan berakhir di Margarana.

Upacara peringatan hari Pahlawan di Bali dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan Ny. Putri Hariyani Sukawati, Kapolda Bali Irjen Pol Dr Drs Petrus R. Golose,

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi, Ketua Mada LVRI Bali I Gusti Bagus Saputra dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bali.(Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *