Headline

Pangkolinlamil Hadiri Rakor Renaku II 2019

×

Pangkolinlamil Hadiri Rakor Renaku II 2019

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) II TNI Angkatan Laut Tahun 2019 selama 2 hari (7 sd 8 November 2019).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (7/11).

Pada sambutannya Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan, bahwa salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam penyusunan perencanaan kegiatan, adalah anggaran berbasis kinerja (Performance Base Budget).

Dan seluruh Satker harus memperhatikan keterkaitan, antara pendanaan dengan keluaran dan hasil yang diharapkan, termasuk efisiensi dalam pencapaian hasil dan keluaran.

Penyusunan perencanaan dan anggaran, perlu kesesuaian antara pembangunan kekuatan dan dukungan anggaran, sehingga menghasilkan outcome yang terukur dalam bentuk Indikator Kinerja Utama (IKU).

Maka dari itu, pada kesempatan Rakor Renaku II ini, perlu dilakukan Olah Yudha atau Admin Game, agar apa yang akan dilaksanakan oleh setiap satker dapat diukur, termasuk tingkat efektivitas dan efisiensinya.

“Saya berharap melalui forum Rakor Renaku ini, muncul inisiatif baru atau pemikiran visioner sebagai bahan masukan dalam penyusunan Renstra 2020-2024 serta rencana kebutuhan 2021 sesuai tuntutan perkembangan lingkungan strategis,” ujar Kasal.

Selanjutnya menurut Kasal, alokasi anggaran tahun 2020, UO TNI Angkatan Laut mengalami kenaikan yang cukup signifikan khususnya pada anggaran pemeliharaan KRI sehingga dengan adanya peningkatan anggaran diharapkan diikuti oleh peningkatan kesiapan operasi dan tingkat profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut.

“TNI AL telah menyiapkan sebuah konsep Operational Ready Force, yang di dalamnya terdapat pentahapan peningkatan kesiapan yang didukung konsep _Life Cycle Cost_ (LCC),” jelas Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Mengakhiri amanatnya Kasal menegaskan agar mengoptimalkan fungsi Inspektorat selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) mulai tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan dan pelaporan.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL, dan para pejabat terkait lainnya serta diikuti oleh 195 peserta dari Kotama seluruh Indonesia.(Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *