Headline

Ketua TP-PKK Kaltim Membuka LP-LS Stunting Penguatan Intervensi Suplemen Gizi di Kubar

×

Ketua TP-PKK Kaltim Membuka LP-LS Stunting Penguatan Intervensi Suplemen Gizi di Kubar

Sebarkan artikel ini

Kutai Barat, faktapers.id – Pertemuan Lintas Program dan Lintas Sektor (LP-LS) dalam rangka penguatan intervensi suplemen gizi di kampung lokus stunting Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Hj Norbaiti Isran Noor di Gedung PKK Kubar di Sendawar, Jumat (8/11/2019).

Acara tersebut berlangsung selama dua hari, melibatkan petinggi kampung, kecamatan. Petugas Dinas Kesehatan dan Puskesmas, penyuluh pertanian, dan sejumlah perangkat kampung yang menjadi lokus stunting.

Menurut data berdasarkan prevalensi kasus stunting (Kurang Gizi Kronis) di Kubar yang ditentukan oleh pusat pada 2019, kasus stunting tersebar di 6 kecamatan tepatnya pada 10 Kampung yang menjadi lokus.

Yaitu Kecamatan Mook Manaar Bulant (Kampung Sakaaq Tada, Sakaaq Lotoq dan Jengan). Kecamatan Nyuatan (Kampung Muut dan Intu Lingau), Kecamatan Bentian Besar (Kampung Randa Empas), Kecamatan Long Iram (Long Daliq dan Ujoh Halang), Kecamatan Muara Pahu (Tanjung Pagar) dan Kecamatan Bongan (Kampung Pereng Taliq).
Kemudian pada 2020 mendatang didasari pada analisa data pemetaan hasil pengukuran antropometri oleh Petugas Puskesmas Kubar,

kasus stunting di Kubar tersebar di 12 Kecamatan, 30 kampung. Yaitu Kecamatan Barong Tongkok (6 kampung), Sekolaq Darat (2 kampung), Muara Lawa (1 kampung), Damai (1 kampung), Bongan (3 kampung), Penyinggahan (5 kampung), Siluq Ngurai (3 kampung), Nyuatan (3 kampung), Bentian Besar (3 kampung), Muara Pahu (1 kampung) dan Melak (1 kampung).

Bupati Kubar FX Yapan SH menyampaikan, bahwa Pemkab Kubar fokus untuk menyelesaikan masalah ini. Yakni dengan melibatkan seluruh OPD dan lintas sektor terkait.

“Peran pemerintah kampung sangat penting. Karena telah dikucurkan anggaran dari pemerintah pusat maupun daerah yang bisa dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat terutama untuk mengatasi masalah stunting ini,” urainya.

Bupati juga menegaskan, Pemkab Kubar mengajak masyarakat untuk mulai memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

“Sehingga kebutuhan akan gizi yang bersumber dari sayur-sayuran bisa terpenuhi dari lingkungan rumah sendiri,” pungkasnya.

Begitu pula diungkapkan oleh Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan. Dia mengajak seluruh pihak untuk terlibat memerangi stunting.

“Dimulai dari keluarga sendiri, serta mengajak pemerintah kecamatan dan kampung untuk turut memantau perkembangan warganya yang telah dinyatakan stunting, bekerja sama dengan puskesmas dan dinas kesehatan,” ujarnya.

Hj.Norbaiti Isran Noor dalam kesempatan itu mengajak semua pihak untuk terlibat memperhatikan masalah stunting.
“Masalah ini bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tugas seluruh elemen bangsa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu Ketua TP-PKK Propinsi Kaltim Hj. Norbaiti, menyarahkan bantuan peralatan memasak dari Dinkes Kaltim. Diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan.(adv/iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *