Headline

401 Kades dan Lurah Terima Motor NMAX Baru

×

401 Kades dan Lurah Terima Motor NMAX Baru

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Bupati Klaten menyerahkan motor dinas baru Yamaha NMAX untuk 401 kepala desa (Kades) dan lurah se Kabupaten Klaten yang diadakan di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (26/11/2019).

Pemberian motor dinas baru untuk kades dan lurah se Klaten bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“401 motor Yamaha NMAX yang semuanya berwarna merah tersebut perinciannya masing-masing untuk kades 391 unit dan lurah 10 unit,” kata Bupati Klaten Sri Multani.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan 26 unit motor baru jenis Honda Supra X 125 untuk 26 Kepala Seksi (Kasi) Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) se Kabupaten Klaten.

“Agar kades dan lurah merawat motor dinas baru yang dipinjam-pakaikan Pemkab Klaten. Kemudian dengan motor baru agar kades dan lurah serta Kasi Trantibum memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kades, lurah dan Kasi Trantibum agar ramah kepada masyarakat serta tidak membeda-bedakan masyarakat,”pesan Bupati.

Semua kades dan lurah, lanjut Sri Mulyani, harus melayani, melindungi dan terus berupaya menyejahterakan masyarakat desa dan kelurahannya masing-masing. Maka dari itu agar Dana Desa (DD) agar sebagian digunakan untuk mendukung program Pemkab Klaten dalam rangka pengentasan kemiskinan,

seperti agar setiap desa menganggarkan dana untuk Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 10 unit setiap tahunnya serta menganggarkan pemihakan untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun TK Pertiwi yang ada di desanya masing-masing.

“Agar setiap desa dan kelurahan juga memprogramkan pembangunan gedung pertemuan untuk kegiatan warga dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Saat ini di Klaten sudah terbentuk 292 BUMDes dan 99 desa lainnya yang belum membentuk BUMDes agar segera membentuk BUMDes dengan mengelola potensi desanya masing-masing,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Klaten, Muh Himawan Purnomo, menjelaskan, biaya untuk pengadaan 401 unit motor Yamaha NMAX untuk kades dan lurah serta 26 unit Honda Supra X untuk Kasi Trantibum berasal dari APBD Perubahan tahun 2019.

Perinciannya untuk 401 unit motor Yamaha NMAX setiap unit harganya Rp27.500.000 sehingga jumlahnya Rp 11.027.500.000 dan 26 Honda Supra X setiap unit Rp 18.200.000 sehingga jumlahnya Rp 473.200.000.

“Sebelum penyerahan motor untuk kades, lurah dan Kasi Trantibum, pada Senin, 25 November 2019 juga sudah diserahkan motor Suzuki Titan eks kades untuk Sekretaris Desa. Motor eks kades yang digunakan untuk Sekdes masih dalam kondisi baik seperti ada spion, roda lengkap, mesin masih bagus, warna merah juga tidak berubah dan semoga dengan penyerahan sepeda motor untuk kades, lurah, sekdes dan Kasi Trantibum nantinya pelayanan untuk masyarakat Klaten semakin baik,”paparnya. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *