oleh

Gelar Syukuran Kemenangan, Kades Duwet Wayangan

Klaten, faktapers.id – Mengangkat kearifan budaya lokal dengan cara menggelar pertunjukan wayang untuk mensyukuri kemenangan sebagai Kepala desa Duwet Kecamatan Ngawen di pemilihan Pilkades Klaten Serentak tahap III 2019. Pertunjukan wayang digelar di Halaman Sang Kades terpilih Suharwadi, dukuh Soran, Jumat malam, (29/11/19).

Camat Ngawen Anna Fajri dan seluruh jajaran Forkompincam hadir pada acara ini. Selain itu, hadir pula Kepala Desa se-Kecamatan Ngawen beserta perangkat desa dan masyarakat sekitar.

“Saya punya komitmen mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan,” kata, Suharwadi ditemui disela-sela acara.

Wayang kulit didalangi oleh Ki Kusni Kesdo Lamono dengan Lakon wayang yang dimainkan bertema “Wahyu Makuto Romo” merujuk pada wahyu keberuntungan yang terdapat pada tema wayang tersebut.

Suharwadi menjelaskan, dari faktor keberuntungan itu yang membuat dia dapat terpilih dan membawa amanah menjadi orang nomor satu di desa Duwet, Ngawen.

Dalam penokohan Wayang menjadi tema politik belakangan ini. Gunungan wayang sebagai awal dimulainya acara dan perhelatan akbar hingga pagi.

“Zaman sudah semakin maju, namun kita tetap mengingat pesan-pesan bijak dan agung para leluhur,” ujarnya.

Sebelumnya, tema wayang menjadi pilihan dengan alasan mengangkat budaya jawa supaya tidak punah. Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan komedian kondang Apri dan Mimin. (Madi)

Komentar

News Feed