Headline

Penyaluran DAK Disdik Memasuki Tahap 3

×

Penyaluran DAK Disdik Memasuki Tahap 3

Sebarkan artikel ini

Majalengka, faktapers.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka melalui Bidang Sarana dan Prasarana saat ini, sudah menyalurkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari anggaran APBN tahun 2019 bagi SD dan SMP se-Kab. Majalengka yang memasuki pencairan tahap ketiga.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka Ahmad Suswanto didampingi Kabid Sapras Disdik Kab. Majalengka, Aminudin menjelaskan, bahwa tahun ini dari anggaran DAK, dikucurkan kepada 132 SD dan diperuntukkan untuk 35 SMP.

“Untuk SD dan SMP, dari anggaran yang dialokasikan direalisasikan dalam bentuk kegiatan merehabilitasi ruang kelas, pembangunan ruang kelas baru (RKB), dan membangun jamban, saat ini sudah siap melakukan pencairan tahap ketiga, kita tinggal menunggu Spj dari penerima manfaat tahap dua,” ujarnya Senin (25/11).

Dijelaskan Ahmad, dalam penyerapan anggarannya, dibagi dalam tiga tahap, tahap pertama 25 persen, untuk tahap kedua sebesar 45 persen dan di tahap ketiga 30 persen. Pengerjaan DAK dilakukan secara swakelola melalui rekening sekolah masing masing penerima DAK.

Harapannya, semua sekolah penerima DAK tahun 2019 bisa melaksankan pembangunan sesuai sesuai RAB, kemudian hasil pembangunannya berkualitas, dan yang ketiga transparansi keterbukaan publik dengan menyertakan papan proyek pembangunan di setiap sekolah penerima manfaat. Serta ke depannya diharapkan ada pengembangan untuk yang lainnya, dan juga selesai sesuai target.

Ditambahkannya, dengan dilakukannya pembangunan ini, agar dapat menunjang terhadap kenyamanan serta lancarnya proses siswa belajar dan mendukung terhadap keberhasilan program pembangunan pendidikan di Kabupaten Majalengka, berikut juga meningkatnya partisipasi penduduk dalam mengenyam jenjang pendidikan.

Ditambahkannya, selain penyaluran DAK juga Disdik Majalengka menyalurkan Bantuan Keuangam (bankeu) yang digunakan untuk membangun pemagaran sekolah bagi 30 SD dan 15 SLTP tersebar di Kabupaten Majalengka. (Lintong Situmorang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *